Home / NASIONAL

Selasa, 23 Februari 2021 - 09:52 WIB

Tersangka Kasus Asabri Bisa Dituntut Penjara Seumur Hidup

Gedung Asabri. Foto/Istimewa

Gedung Asabri. Foto/Istimewa

JAKARTA, BERITANUSA.id – Kejaksaan Agung (Kejagung) membuka peluang untuk kembali menuntut dua terpidana Benny Tjokrosaputro dan Heru Hidayat dengan penjara seumur hidup. Benny dan Heru kembali ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi PT Asabri.

Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus), Ali Mukartono menyebut rencana penuntutan dalam kasus Asabri membuka peluang dengan menerapkan ragam ancaman. Termasuk jika memungkinkan, menebalkan ancaman penjara seumur hidup.

“Kita harapkan begitu dalam tuntutan jaksa,” ujarAli saat ditemui di Gedung Pidana Khusus (Pidsus), Kejakgung, Jakarta, Senin (22/2).

Ali menjelaskan, rencana penuntutan masih terlalu awal. Karena rangkaian penyidikan, dan penelusuran aset, dan barang bukti para tersangka, masih terus dilakukan.

Karenannya, lanjut Ali, pihaknya belum membahas detail soal rencana penuntutan terhadap para tersangka. Termasuk soal rencana penuntutan terhadap Benny dan Heru yang saat ini juga dalam status terpidana seumur hidup terkait kasus PT Asuransi Jiwasraya.

“Segala kemungkinan masih bisa terjadi. Kita baru akan menentukan penuntutan (terhadap Benny dan Heru) setelah inkrah (putusan tetap kasus Jiwasraya),” jelas Ali.

Kata Ali mengingatkan, dalam kasus Jiwasraya jaksa menuntut Benny dan Heru dengan penjara seumur hidup. Tuntutan tersebut, pun diterima hakim, dengan menghukum keduanya dengan penjara seumur hidup.

Akan tetapi, keduanya tak terima dan saat ini sedang menunggu putusan banding Pengadilan Tinggi. Namun Kejakgung kembali menetapkan keduanya sebagai tersangka, dalam kasus Asabri yang merugikan keuangan negara setotal Rp 23,7 triliun.

Selain Benny dan Heru, dalam penyidikan Asabri, Jampidsus juga menetapkan tujuh tersangka lainnya. Mereka antara lain tersangka dari swasta, Lukman Purnomosidi, dan Jimmy Sutopo.

Adapun tersangka dari kalangan direksi Asabri, Jampidsus menahan Sonny Widjaja, dan Adam Rachmat Damiri, serta Hari Setiono, Bachtiar Efendi, dan Ilham W Siregar.

Jampidsus menebalkan sangkaan korupsi terhadap sembilan tersangka tersebut. Kecuali terhadap tersangka Jimmy Sutopo yang juga dijerat dengan tindak pidana pencucian uang (TPPU).

(pmj)

Share :

Baca Juga

Presiden Joko Widodo. Foto/Antara

NASIONAL

182 Juta Warga Suntik Vaksin Mulai Januari 2021
Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri. Foto/Antara

NASIONAL

Megawati Pertanyakan Sumbangsih Milenial Selain Demo
Petugas menuntun sepeda motor saat banjir menggenangi wilayah Jakarta. Foto/Antara

NASIONAL

Sudah Lebih 6 Jam Banjir DKI Belum Surut Lewati Target Anies
Pekerja memindahkan paket bantuan sosial (bansos) yang akan disalurkan di Gudang Food Station Cipinang, Jakarta, Rabu (22/4/2020). Foto/Antara

NASIONAL

Puluhan Ribu Paket Bansos Covid Terbengkalai di Pulogadung
Dirjen Bina Masyarakat Islam Kementerian Agama, Kamaruddin Amin. Foto/MI

NASIONAL

Kemenag Rombak Aturan Soal Lembaga Zakat Danai Teroris
Gedung Kementerian ESDM. Ist

NASIONAL

Kementerian ESDM Diminta Tingkatkan Program yang Pro Rakyat
Kantor Kemenhub. Ist

NASIONAL

Kemenhub Jadi Klaster Covid-19 Terbesar di DKI
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Awi Setiyono memberikan keterangan kepada wartawan. Foto/Antara

NASIONAL

6 Jenazah Laskar FPI Masih Diperiksa Dokter Forensik