Home / NASIONAL

Kamis, 28 Januari 2021 - 19:11 WIB

Tes GeNose, Penumpang KA Wajib Puasa Satu Jam

Petugas mengoperasikan alat deteksi dini COVID-19 bernama GeNose C19 di Gedung Binagraha, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (4/1). Foto/Antara

Petugas mengoperasikan alat deteksi dini COVID-19 bernama GeNose C19 di Gedung Binagraha, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (4/1). Foto/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengingatkan agar calon penumpang kereta api diwajibkan untuk puasa selama satu jam sebelum melakukan tes menggunakan alat GeNose.

“Saya pikir itu satu hal yang mudah, puasa 12 jam saja bisa masa puasa 1 jam saja tidak,” ujar Menhub Budi Karya Sumadi dalam Bincang Editor GeNose di Transportasi Umum, Rabu (27/1).

Menurut dia, imbauan puasa ini berdasarkan hasil kesepakatan bersama antara Kementerian Kesehatan dan Gugus Tugas penanganan Covid-19. Ini dimaksudkan agar deteksi virus corona lebih maksimal

Selain diwajibkan untuk berpuasa, bagi calon penumpang kereta api perokok yang akan melakukan tes GeNose juga diimbau untuk tidak merokok satu jam sebelumnya.

Sebelumnya, Menhub Budi menyebut alat GeNose ini akan uji coba pada 5 Februari mendatang di Stasiun Senen, Jakarta dan Stasiun Tugu Yogyakarta. Sehingga penumpang yang sudah mendapatkan tiket dipastikan sudah di tes GeNose.

“Ini langkah yang bagus dari Kereta Api, mereka memberikan suatu kemudahan dan kemurahan dan tetap menjaga protokol Kesehatan,” katanya.

Sebagai informasi, GeNose merupakan alat yang mendeteksi virus melalui hembusan nafas yang di simpan di dalam kantung udara. Kemudian kantung udara dihubungkan ke alat GeNose yang sudah didukung Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan (AI). Sistem GeNose dapat mendeteksi virus dalam waktu 50 detik.

(heq/kem/hub)

Share :

Baca Juga

Kantor KPK. Foto/Tirto

NASIONAL

Dua Tersangka Kasus Benih Lobster Masih Buron
Imam Besar FPI Rizieq Shihab. Foto/Antara

NASIONAL

PA 212 Serukan Aksi Demo 1812 di Istana Negara
RS Ummi Bogor. Foto/Ist

NASIONAL

Polri Bakal Periksa 4 Direktur RS Ummi Bogor Soal Uji Swab Rizieq
Ustadz Maaher At-Thuwailibi. Foto/Ist

NASIONAL

Polisi Tetapkan Ustad Maaher Tersangka Kasus ITE
Ketua Satgas Penanganan Covid-19 sekaligus Kepala BNPB Doni Monardo. Foto/Ist

NASIONAL

BNPB Serahkan Bantuan Rp3,5 M untuk Korban Banjir Kalsel
Sistem ganjil genap Jakarta. Foto: Istimewa

NASIONAL

Cuti Bersama, Hari Ini Ganjil Genap Ditiadakan
Maskapai penerbangan Sriwijaya Air. Foto/Antara

NASIONAL

Kapten Vincent: Bukan Salah Usia Pesawat
Ilustrasi token listrik. Foto/Ist

NASIONAL

Cara Dapat Listrik Gratis dari PLN