Home / NASIONAL

Kamis, 17 September 2020 - 16:43 WIB

Tiga Hari PSBB, 23 Fasilitas Umum dan Restoran Didenda

PSBB DKI Jakarta. Ist

PSBB DKI Jakarta. Ist

JAKARTA, BERITANUSA.id – Pemberlakuan PSBB DKI Jakarta hari ketiga, Rabu (16/9), telah merazia 23 fasilitas umum dan restoran karena melanggar aturan. Bahkan ada yang didenda hingga Rp50 juta.

“Tempat-tempat yang ditutup terus berlanjut kalau memang melakukan pelanggaran. Kita sementara masih 23 tempat yang ditutup,” kata dia, Rabu (16/9).

Menurut Arifin, tempat-tempat yang ditutup di antaranya rumah makan dan kafe. Arifin mengatakan, dari tempat-tempat yang ditutup, beberapa ditemukan pelanggaran yang berulang.

Restoran dan kafe yang melakukan pelanggaran berulang itu, kata dia, dijatuhi sanksi progresif yang diatur dalam Peraturan Gubernur Nomor 79 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

“Ada juga yang berulang, kalau enggak salah ada kafe di Tebet itu yang berulang, sehingga tindakannya progresif yang kita kenakan,” ungkap dia.

Dia mencontohkannya dengan denda progresif terhadap coffee shop di Kebayoran Baru, hingga Rp50 juta. Pasalnya, kafe tersebut melakukan pelanggaran secara berulang atas ketentuan PSBB.

“Karena sudah pernah ditindak, lalu melanggar lagi. Maka progresifnya dikenakan denda Rp50 juta,” ujar Arifin.

Selain itu, pihaknya juga mempertimbangkan ketiadaan izin usaha kafe tersebut. Selama izin belum dimiliki, kata dia, coffee shop tersebut tidak diizinkan untuk beroperasi.

“Kedua [sanksi] itu melekat kepada yang bersangkutan terhadap sanksi yang dikenakan, karena memang perizinannya tidak ada. Kemudian juga melakukan pengulangan terhadap pelanggarannya, konsekuensinya sanksi itu dikenakan,” katanya.

Arifin mengaku sempat meluapkan amarahnya saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke kafe tersebut. Video kemarahannya diunggah Instagram @satpolpp.dki.

Pasalnya, pengelola restoran tidak mempedulikan protokol Covid-19.

Arifin mengatakan coffee shop tersebut sudah ditutup sementara selama 1×24 jam, Kamis (3/9) malam oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Namun esoknya, Jumat (4/9), mereka tetap buka dan tidak ada iktikad baik untuk melakukan perbaikan protokol Covid-19. (cnn/idn)

Share :

Baca Juga

Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar. Foto/SINDOphoto

NASIONAL

Wakil Ketua DPR: Pemerintah Harus Lebih Perhatikan Petani
PERAYAAN HUT KE-74 TNI: Inspektur upacara, Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (ketiga kanan). Foto/Antara

NASIONAL

TNI Siap Jadi yang Pertama Suntik Vaksin Covid-19
Ketua Umum PUSATNUSA Topad. Foto/Radhea Heqamudisa

NASIONAL

PSBB Total DKI Harus Dibuat Secara Terintegrasi dan Komprehensif
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto/Antara

NASIONAL

Anies Pilih Tetap Kerja Meski Positif Corona
Transjakarta. ist

NASIONAL

Sejumlah Rute Transjakarta Dialihkan Sementara, Mana Saja?
Kasus positif virus corona di Indonesia. Foto/MI/Andri Widyanto

NASIONAL

Update Corona 8 Januari: Tambah 10.617, Positif 808.340
Budi Gunadi Sadikin. Foto/BNPB

NASIONAL

Program Vaksinasi Drive-Thru Diluncurkan di Bali
Ilustrasi Komisi Penyiaran Indonesia. Foto/Ist

NASIONAL

RUU Ciptaker Dapat Lemahkan Peran KPI