Home / NUSANTARA

Senin, 21 September 2020 - 11:06 WIB

Tim SAR Gabungan TNI-Polri Berhasil Evakuasi Helikopter di Papua

Tim SAR gabungan TNI-Polri. Ist

Tim SAR gabungan TNI-Polri. Ist

KABUPATEN PANIAI, BERITANUSA.id – Tim SAR Paskhas gabungan TNI, Polri dan Basarnas berhasil mengevakuasi tiga kru helikopter milik PT National Utility Helicopters (NUH). Helikopter PT NUH yang tengah membawa sembako diketahui mendarat darurat di pedalaman Kabupaten Paniai, Papua, Sabtu (19/9).

“Helikopter PT NUH jenis bell 212 dengan nomor registrasi PK-USS tersebut hilang kontak saat melakukan penerbangan dari Nabire menuju Baya Biru di Kabupaten Paniai pada Kamis (17/9) dengan membawa sembako,” demikian keterangan tertulis dari laman resmi TNI, Senin (21/9).

Pada hari kamis (17/9) tim SAR darat langsung dibentuk dengan beranggotakan dua personel Paskhas yaitu Koptu Imron (Paskhas), Kopda Fajar (Paskhas), dua anggota Polres Nabire, dua anggota Basarnas dan dua kru dengan menggunakan Pesawat Smart Aviation PK-SNK. Tim tersebut mencari lokasi titik emergency sinyal (infect) helly yang masih terpantau.

Selama dua hari, tim SAR melaksanakan pencarian dari darat dan udara. Hingga pada hari jumat (18/9) pagi tim rescue yang beranggotakan Philip Bell sebagai Kapten Pilot, Khamil Sholeh sebagai Kopilot, dan dua personel Paskhas yaitu Kopda Wahyu Deris serta Prada Fredi Prasetya dengan menggunakan Heli Bell PK IWV berhasil menemukan lokasi pendaratan darurat pesawat heli PT NUH yang selanjutnya melaporkan ke pusat komando untuk dilaksanakan evakuasi korban.

“Helikopter tersebut ditemukan pada ketinggian 4.700 meter di atas permukaan air laut (dpl) di wilayah Kabupaten Paniai dengan kondisi miring. Selanjutnya Empat helikopter kemudian dikerahkan untuk menyelamatkan kru helikopter nahas tersebut,” lanjut pernyataan.

Ketiga kru heli PT. NUH yaitu Capt. Endy Nawalaga (PIC) dan Capt. Erik Kurniawan (F.O), serta M. Aswar (HLO) dalam kondisi selamat dan dievakuasi ke RSUD Nabire untuk mendapatkan pertolongan lebih lanjut. (heq/tni)

Share :

Baca Juga

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto/Ist

NASIONAL

November, Seleksi Terbuka Jabatan Sekda dan Deputi Gubernur Rampung

NUSANTARA

Walikota Baru Kota Cilegon Dilantik
Wisata Kepulauan Raja Ampat. Foto/Ist

NUSANTARA

Wisata Raja Ampat Kembali Dibuka, tapi Harus Terapkan Protokol Kesehatan
Jajaran Pemprov DKI Jakarta bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi DKI Jakarta menggelar Sidang Paripurna di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (7/9). Ist

NUSANTARA

Anies Apresiasi DPRD DKI Jakarta Setujui P2APBD 2019
Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad menggelar kegiatan bakti sosial. Foto/TNI

NUSANTARA

Peringati HUT PMI Ke-75, Satgas Yonif 413 Bremoro Gelar Donor Darah

NUSANTARA

Jelang Hari Jadi Polwan RI Ke-72, Polwan Polda Kaltim Gelar Bakti Sosial Donor Darah
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, S.I.K., M.T.C.P

NUSANTARA

Antisipasi Macet Libur Iduladha, Polda Metro Jaya Buat Skenario Lalu Lintas
Tenaga kesehatan khusus menangani pasien covid-19. Foto/Antara

NASIONAL

Bupati Lumajang Positif Terpapar Corona