Home / NASIONAL

Jumat, 2 Oktober 2020 - 13:13 WIB

Tingkat Kesembuhan Pasien Covid di Wisma Atlet 75 Persen

Wisma Atlet Kemayoran. Foto/Berita Satu

Wisma Atlet Kemayoran. Foto/Berita Satu

JAKARTA, BERITANUSA.id – Koordinator Operasional RS Darurat Wisma Atlet Kolonel CKM dr. Stefanus Dony, mengatakan tingkat kesembuhan pasien Covid-19 di Wisma Atlet mencapai 75,1 persen dan terus meningkat.

Berdasarkan data yang dimiliki Stefanus, tingkat kesembuhan pasien di Wisma Atlet pada pekan lalu sebesar 71 persen, kemudian naik pada pekan ini menjadi 75,1 persen.

“Data yang kita rekap hari ini memang sudah 75,1 persen, memang sudah tinggi, Jakarta memang sudah 80 persen ya. Tapi di Wisma Atlet sendiri minggu lalu dari 71 persen sudah mulai angka kesembuhan menjadi 75 persen,” kata Stefanus dalam diskusi virtual ‘Update Pasien Covid-19: Tingkat Kesembuhan Makin Tinggi’ di Youtube BNPB, Kamis (1/10).

Menurut Stefanus, Wisma Atlet telah merawat lebih dari 13.000 pasien Covid-19, sebanyak 10.000 diantaranya telah dinyatakan sembuh. Sementara dalam sepekan terakhir, jumlah pasien Covid-19 di Wisma Atlet diklaim Stefanus mulai turun.

Ia mengatakan, lebih banyak pasien pulang karena sembuh ketimbang pasien yang datang dan isolasi mandiri.

“Yang dirawat [pasien Covid-19] di Wisma Atlet ada sekitar 13 ribu lebih dan yang sudah pulang atau sudah sembuh itu sudah 10 ribu lebih. Jadi sekitar di atas 70 persen, memang ada pasien yang datang dan pulang, lebih banyak pasien sembuh yang dipulangkan,” tuturnya.

Sementara itu, data harian pasien di Wisma Atlet per Kamis (1/10) hingga pukul 08:00 WIB sebanyak 2.316 orang di tower 6 dan 7. Di tower ini khusus untuk merawat pasien Covid-19 bergejala ringan-sedang.

Untuk tower 4 dan 5 sebanyak 2.170 orang, keseluruhannya merupakan pasien Covid-19 tanpa gejala.

Tower 6 dan 7 Wisma Atlet telah digunakan untuk merawat pasien Covid-19 sejak 23 Maret. Hingga hari ini, tercatat 18.835 pasien yang pernah menjalani perawatan di RSD Wisma Atlet, 16.519 orang keluar dengan rincian pasien dirujuk ke RS lain 330 orang, sembuh 16.182 orang, dan meninggal 7 orang.

Lebih lanjut, tower 4 dan 5 baru digunakan pada 15 September lalu, hingga hari ini tercatat pasien terdaftar sebanyak 5.106 orang. Dari jumlah itu pasien yang masih dirawat sebanyak 2.170 orang, sisanya dinyatakan sembuh.

(cnn/idn)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi cuaca ekstrem--Seorang warga membawa payung saat melintas di Kawasan Senayan, Jakarta. Foto/Antara

NASIONAL

BMKG: Cuaca Ekstrem di 24 Wilayah Mulai 15-21 Februari
Ilustrasi vaksin Covid. Foto/Ist

NASIONAL

Enam Kelompok Jadi Prioritas Penerima Vaksin Covid Tahap Awal
Ilustrasi siswa Sekolah Dasar (SD). Foto: Istimewa

NASIONAL

Pembelajaran Jarak Jauh Harus Ada Subsidi
Ilustrasi: Massa demo di Monas, Depan Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (28/8). Foto/MI/Saskia Anindya Putri

NASIONAL

Polisi Kerahkan 2.738 Personel Jaga Aksi 1 Desember Papua
Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi menjadi Kapolri usai dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara hari ini. Foto/Tangkapan Layar Youtube Setpres

NASIONAL

Kapolri Listyo: Tangani Covid, Kawal Ekonomi
Hujan di wilayah DKI Jakarta. Foto/Ist

NASIONAL

BMKG: Sejumlah Wilayah Jakarta Akan Diguyur Hujan Deras
Ilustrasi--Pemprov DKI Jakarta belum memutuskan aturan baru pasca pembatalan peraturan Gubernur Nomor 195 Tahun 2014 tentang Pembatasan Sepeda Motor. Foto/MI

NASIONAL

Volume Kendaraan Bermotor di DKI Turun 4 Persen
Guru honorer yang mengajar secara daring selama pandemi tetap harus digaji (Ilustrasi). Foto/MI

NASIONAL

Kemenag Beri Insentif Guru Honorer Rp600 Ribu Selama Tiga Bulan