Home / NASIONAL

Rabu, 12 Agustus 2020 - 09:38 WIB

Tinjau Fasilitas Produksi Vaksin Covid-19, Jokowi: Kita Mampu

Presiden Joko Widodo meninjau kesiapan dan fasilitas produksi milik BUMN produsen vaksin dan antisera Bio Farma dalam kunjungan kerja ke Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat pada Selasa (11/8). Foto: BPMI Setpres/Lukas

Presiden Joko Widodo meninjau kesiapan dan fasilitas produksi milik BUMN produsen vaksin dan antisera Bio Farma dalam kunjungan kerja ke Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat pada Selasa (11/8). Foto: BPMI Setpres/Lukas

BANDUNG, BERITANUSA.id – Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya ke Kota Bandung pada Selasa (11/8) meninjau kesiapan dan fasilitas produksi milik BUMN produsen vaksin dan antisera Bio Farma.

Kemampuan Bio Farma sebagai perusahaan produsen vaksin telah diakui dunia di mana produk-produknya telah menjangkau lebih dari 140 negara di dunia.

“Saya ingin melihat bagaimana Bio Farma yang telah memproduksi vaksin yang telah dikirimkan ke 149 negara baik itu vaksin polio, difteri, BCG, dan lain-lain,” ujar Presiden selepas peninjauan di fasilitas produksi Bio Farma yang berlokasi di Kecamatan Sukajadi, Kota Bandung, Jawa Barat.

“Ini menunjukkan bahwa negara kita mampu memproduksi vaksin sejak lama. Bio Farma berdiri setelah 1890, sudah lebih dari 100 tahun yang lalu,” imbuhnya.

Bio Farma sendiri akan segera memproduksi vaksin Covid-19 untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri apabila nantinya vaksin tersebut telah ditemukan dan telah teruji secara klinis.

Saat ini, tim uji klinis dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran tengah melakukan uji klinis tahap ketiga terhadap bakal calon vaksin Covid-19. Setelah uji klinis tersebut dilakukan dan vaksin yang sedang dikembangkan dinyatakan siap digunakan, maka selanjutnya Bio Farma akan memproduksi sendiri vaksin tersebut dalam jumlah besar.

“Saya kira dengan kemampuan dan pengalaman yang ada kita ingin produksi vaksin Covid ini segera bisa dilakukan,” kata Presiden.

Sebelumnya, dalam pertemuan di Istana Merdeka pada 21 Juli 2020, Kepala Negara menugaskan Bio Farma untuk memastikan kapasitas produksinya dapat memenuhi kebutuhan dalam negeri saat vaksin Covid-19 ditemukan.

Kapasitas produksi Bio Farma untuk saat ini diketahui sanggup memproduksi vaksin dalam jumlah 100 juta dosis per tahun dan tengah dikembangkan lebih lanjut sehingga pada akhir tahun nanti mampu meningkatkan kapasitasnya hingga mencapai 250 juta dosis vaksin per tahun.

“Saya kira inilah yang perlu kita ketahui dan menambah optimisme kita bahwa kita bisa melakukan itu sendiri,” tandasnya. (hms/pri)

Share :

Baca Juga

NASIONAL

Presiden Jokowi: Pilkada Serentak 2020 Harus Berjalan Demokratis, Luber dan Jurdil
Ilustrasi -- Bencana tanah longsor. Foto/Antara

NASIONAL

Dalam 10 Hari, Seluruh Korban Longsor Sumedang Ditemukan
Kantor MUI. Foto/Ist

NASIONAL

MUI Keluarkan 5 Fatwa Hasil dari Munas X
Mantan kepala Badan Intelijen Negara (BIN) AM Hendropriyono mengusulkan agar TNI bisa menggandeng remaja-remaja peretas atau hacker di Indonesia sebagai daya tawar menghadapi gangguan dan hambatan keamanan di sektor siber yang berasal dari luar Indonesia. Foto/Instagram

NASIONAL

Hendropriyono Usul TNI Rekrut Remaja RI Pembobol Situs NASA
Brigadir Jenderal Mathius D. Fakhiri. Foto/Istimewa

NASIONAL

Pernah Diserang KKB, Brigjen Mathius Jadi Kapolda Papua Baru
Petugas membongkar atribut-atribut saat melakukan penutupan markas DPP Front Pembela Islam (FPI) di Petamburan, Jakarta. Foto/Antara

NASIONAL

PPATK Temukan Transaksi Luar Negeri dari Rekening FPI
Ilustrasi: Petugas kepolisian bersiap saat Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Siginjai - 2017 di Mapolda Jambi, Kamis (21/12). Foto/Antara

NASIONAL

Polri Serentak Gelar Operasi Lilin 2020 Mulai 21 Desember
Ilustrasi Vaksin Covid-19. Foot/Antara

NASIONAL

Daftar Lokasi Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia di DKI