Home / PARIWISATA

Senin, 28 Desember 2020 - 13:01 WIB

Tips Liburan Akhir Tahun Menyenangkan Meski di Rumah

Ilustrasi--berkemah. Foto/Ist

Ilustrasi--berkemah. Foto/Ist

JAKARTA, BERITANUSA.id – Menjalani masa libur panjang Natal dan Tahun Baru kali ini tak sama dengan tahun sebelumnya. Di tengah pandemi Covid-19, ada baiknya melewati liburan di rumah saja. Meski begitu, banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan di rumah bersama keluarga.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa aktivitas menyenangkan untuk mengisi waktu liburan selama di rumah saja.

Berkemah Sambil BBQ

Hal paling mengasyikkan adalah berkumpul bersama keluarga di rumah. Kamu bisa memanfaatkan halaman rumah dengan mendirikan tenda untuk berkemah. Sambil bernyanyi dan mengelilingi api unggun kecil, tentu akan menjadi momen berlibur seru dan asyik.

Biar semakin meriah, coba beli beberapa confetti yang nantinya bisa ditembakkan saat malam pergantian tahun. Jangan lupakan juga untuk memanggang berbagai jenis makanan atau yang biasa disebut BBQ supaya lebih spesial.

Bermain Board Game

Biar liburan di rumah semakin menyenangkan, cobalah untuk memainkan beberapa permainan yang bisa dimainkan secara bersama-sama, salah satunya board game. Ada banyak jenis board game yang bisa dimainkan seperti ular tangga, monopoly, hingga board game kekinian yaitu Werewolf.

Supaya makin tegang, berikan hukuman buat orang yang kalah dalam game tersebut, bisa dengan menempelkan bedak ke wajah atau menggambarkan wajah menggunakan spidol yang bisa dihapus. Wah, seru bukan?

Mempelajari Hobi Baru

Buat yang tidak bisa merayakan liburan kali ini bersama keluarga alias sendirian, jangan berkecil hati ya karena ada kok kegiatan seru yang bahkan dapat meningkatkan kemampuan softskill. Yaitu adalah mempelajari hal-hal baru di internet.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan seperti belajar bermain gitar, memasak, hingga belajar bela diri. Selain dapat mengisi waktu selama berlibur, tentunya kegiatan ini juga akan baik untuk diri sendiri.

Masak Bersama

Menjelajahi dapur sambil bereksperimen membuat makanan bersama bisa menjadi aktivitas menyenangkan loh. Buat aneka makanan kesukaan kamu. Kamu juga bisa mengajak serta anak dalam memasak.

Misalnya, dengan memberi tanggung jawab kecil saat memasak kepada anak, mengocok telur misalnya, anak akan menjadi lebih percaya diri dalam melakukan sesuatu.

Selain itu, orangtua dapat mengajak anak mengeksplorasi aneka rasa dan bahan makanan serta manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Dengan demikian, anak bisa belajar untuk lebih menghargai makanan dan tidak pilih-pilih saat mengonsumsinya.

Menonton

Rekomendasi aktivitas seru saat libur panjang di rumah lainnya adalah menonton, baik itu film maupun serial. Kini, semakin banyak platform digital yang menyediakan layanan streaming film atau serial.

Selama hari kerja sebelumnya, ada film yang belum sempat kamu tonton? Bila iya, ini adalah saat yang tempat untukmu menyelesaikan film yang belum selesai kamu tonton.

Kamu bisa menyegarkan kembali pikiranmu dengan genre film yang kamu sukai. Yuk, mulai buat daftar film apa saja yang ingin kamu tonton selama libur panjang. Cocok banget, nih, buat kamu si pecinta film.

Buat Sesi Foto Bersama Keluarga

Kamu juga bisa memanfaatkan sesi foto sebagai kegiatan untuk mengisi liburanmu di rumah. Tentukan tema foto dan pakaiaan maupun kostum keluarga, kemudian jadikan lokasi rumahmu sebagai lokasi foto yang menarik.

Share :

Baca Juga

Kabupaten Buleleng masuk dalam daftar penerima dana hibah yang dikeluarkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Foto/Ist

PARIWISATA

Pemkab Buleleng Terima Hibah dari Kemenparekraf Rp13 Miliar
Wisata di Pantai Ancol Jakarta. Foto/Liputan 6

NASIONAL

Pemprov DKI Batasi Pengunjung Tempat Wisata 25 Persen
Ilustrasi pesawat Sriwijaya Air. Foto/Antara/Widodo Jusuf

PARIWISATA

Tiket Promo Sriwijaya Air Rp170 Ribu Ke Semua Rute Domestik
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar kegiatan Trip of Wonders. Foto/Kemenparekraf

PARIWISATA

111 Juta Pekerjaan di Sektor Pariwisata Aktif Lagi 2021
Maskapai penerbangan Garuda Indonesia. Foto/Antara

EKONOMI

Garuda Buka Layanan Tes Swab Khusus Penumpang
Pariwisata di Bali akan di-reopening dengan mengutamakan kebersihan, kesehatan dan keamanan. Foto/ANTARA

PARIWISATA

Pemerintah Buka Bali, Pelanggar Prokes Terancam Deportasi
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar gerakan bersih, indah sehat dan aman (BISA) pada 17-19 Oktober 2020 mendatang. Foto/Kemenparekraf

PARIWISATA

Adaptasi Baru, Gerakan BISA Digelar di Destinasi Wisata Bali
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengajak generasi milenial untuk menjadi pionir dalam penerapan pariwisata berkelanjutan yang lebih berkualitas. Foto/Kemenparekraf

PARIWISATA

Sandiaga Dorong Milenial Jadi Pionir Pariwisata Berkelanjutan