Home / NASIONAL

Rabu, 24 Maret 2021 - 10:35 WIB

Tito Minta Pemda Percepat Aduan Pelayanan Publik

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Foto/Antara

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Foto/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, mengeluarkan surat edaran (SE) yang berisi agar kepala daerah untuk segera mempercepat penyelesaian pengelolaan pengaduan pelayanan publik. Khususnya pada Pemerintah Daerah (Pemda) Tahun 2020.

Hal tersebut tercantum dalam surat edaran Nomor 490/1921/SJ yang ditandatangani Tito Karnavian pada 18 Maret 2021.

“Segera tindaklanjuti pengaduan pelayanan publik yang disampaikan secara langsung maupun tidak langsung dengan mengedepankan asas penyelesaian secara cepat, akurat, dan tuntas,” terang Tito, dilansir dalam surat edaran tersebut,  Rabu (24/3).

Adapun, Surat Edaran Tito itu ditujukan kepada seluruh Gubernur dan Bupati, dan Wali Kota se-Indonesia. Mantan Kapolri ini mengacu pada Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, bahwa seluruh penyelenggara di sektor pelayanan, termasuk pemda, wajib menerima, menanggapi, memproses dan menyelesaikan setiap pengaduan.

Karena itu, pengelola pelayanan publik juga diminta segera mengimplementasikan amanat tersebut, melalui pemanfaatan aplikasi pengaduan.

“Secara aktif mengimplementasikan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik melalui pemanfaatan aplikasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!),” ujar Tito sebagaimana sesuai butir nomor 2 dalam edaran tersebut.

Sesuai hasil evaluasi pengelolaan pengaduan melalui SP4N-LAPOR, persentase penyelesaian pengaduan pada tahun 2020 oleh Pemda Tahun 2020 baru mencapai 69,78 persen. Ia pun meminta, tindak lanjut terkait laporan tersebut segera dirampungkan sebelum masa tenggat yang sudah ditentukan.

Selain itu, Tito juga meminta, Gubernur selaku wakil pemerintah pusat di daerah melakukan pembinaan agar penyelesaian tidak lanjut pengaduan dari kepala daerah tingka II di bawahnya untuk dipercepat.

(sek/kab)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi penangkapan. Foto/Istimewa

NASIONAL

Artis Berinisial JJ Ditangkap di Ancol Karena Narkoba
Presiden Joko Widodo telah disuntik vaksin Covid-19 untuk yang pertama kali di Indonesia bersama sejumlah pejabat tinggi negara, kepala lembaga, tokoh agama hingga tokoh masyakarat di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (13/1). Foto/Setneg

NASIONAL

Efek Jokowi Usai Divaksin: Pegal hingga Mengantuk
Ilustrasi daftar Kartu Prakerja. Foto/Ist

NASIONAL

Waspada, Marak Penipuan Akun Pendaftaran Prakerja
Ilustrasi Maybank. Foto/Ist

EKONOMI

Opsi Penggantian Tabungan Raib Rp22 M oleh Maybank
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memimpin upacara penyerahan jabatan (sertijab) dua Perwira Tinggi (Pati) TNI yaitu, Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III dan Komandan Detasemen Markas (Dandenma) Mabes TNI, bertempat di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, hari ini Kamis (25/2). Foto/ dok TNI

NASIONAL

Panglima TNI Lantik Dua Pati Hari Ini
Ilustrasi--Epidemiolog Universitas Griffith Australia Dicky Budiman menyebut kemungkinan varian (strain) baru Covid-19 sudah masuk di Indonesia. Foto/AFP/Noel Celis

NASIONAL

Epidemiolog: Varian Baru Covid Mungkin Sudah Masuk RI
Kasus positif virus corona di Indonesia. Foto/MI/Andri Widyanto

NASIONAL

Update Corona: Bertambah 3.535, Kasus Positif Jadi 470.648 Orang
Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI, MH Said Abdullah.

EKONOMI

Kebijakan Fiskal Ekspansi-Konsolidatif RAPBN 2021 Untuk Bangkitkan Ekonomi