Home / NASIONAL

Jumat, 22 Januari 2021 - 13:39 WIB

TNI-KKB Papua Baku Tembak di Intan Jaya

Ilustrasi--TNI melakukan patroli di wilayah perbatasan RI. Foto/Puspen TNI

Ilustrasi--TNI melakukan patroli di wilayah perbatasan RI. Foto/Puspen TNI

JAKARTA, BERITANUSA.id – Baku tembak terjadi antara Satuan Tugas Pengaman Perbatasan (Satgas Pamtas) TNI dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua, Jumat (22/1).

Kepala Penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kapen Kogabwilhan) III, Kolonel Czi Gusti Nyoman Suriastawa mengatakan kontak tembak itu telah berlangsung sejak pukul 06.30 WIT.

“Benar terjadi kontak tembak antara KKSB dengan Satgas Pamtas di Kampung Titigi, Distrik Sugapa,Intan Jayamulai pukul 06.30 Wita. Sampai saat ini masih terjadi kontak tembak,” kata Suriastawa dalam keterangannya, Jumat (22/1).

Suriastawa belum menjelaskan secara rinci ihwal kronologi kontak tembak tersebut. Sebab, sampai saat ini kontak tembak masih berlangsung.

“Untuk lebih detailnya akan saya infokan setelah kondisi di lapangan aman terkendali,” ujarnya.

KKB sebelumnya juga melakukan aksi pembakaran pesawat MAF PK-MAX di Kabupaten Intan jaya. Tepatnya, di di Bandara Kampung Pagamba, Distrik Biandoga, Kabupaten Intan Jaya pada Rabu (6/1) lalu.

Menurut Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal, pesawat itu diawaki oleh seorang pilot yang merupakan warga negara Amerika bernama Alex Luferchek.

Dia membawa dua penumpang dengan tujuan Pagamba melalui Bandara Perintis milik MAF di Distrik Biandoga.

Pesawat itu sebenarnya telah mendarat di bandara. Namun, setelahnya pilot diadang oleh KKB di sekitar lokasi.

“Pilot di suruh turun dari Pesawat kemudian datang seseorang diduga Kelompok Kriminal Bersenjata yang berada di sekitar tempat pesawat berhenti serta membawa senjata dan mengeluarkan tembakan ke udara sambil menyuruh pilot untuk merunduk,” kata Kamal melalui keterangan resmi, Kamis (7/1).

Pilot kemudian berhasil diamankan oleh para pendeta dan masyarakat sekitar ke Kampung Tekai yang merupakan wilayah perbatasan antara Kampung Bugalaga dan Kampung Pagamba.

Meski pilot berhasil diamankan, tapi KKB langsung melakukan pembakaran terhadap pesawat.

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi belajar online. Foto: Istimewa

NASIONAL

Pembelajaran Jarak jauh Dinilai Belum Berhasil
Bendungan Napun Gete yang merupakan salah satu dari tujuh bendungan yang dibangun semasa pemerintahan Presiden Joko Widodo untuk Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) telah siap beroperasi. Foto/BPMI Setpres

NASIONAL

Resmikan Bendungan Napun Gete, Jokowi: Air Kunci Kemakmuran
Presiden Joko Widodo memberikan Bantuan Presiden (Bantuan Presiden) Produktif Usaha Mikro kepada para pelaku usaha mikro dan kecil di Provinsi Aceh di Pusat Layanan Usaha Terpadu KUMKM Provinsi Aceh, Kota Banda Aceh, pada Selasa, 25 Agustus 2020. Foto/BPMI Setpres

NASIONAL

Jokowi Berikan BLT UMKM Rp2,4 Juta ke 220 Pelaku Usaha di Aceh
Seorang staf mengenakan APD di laboratorium milik BPOM Provinsi Gorontalo. Foto: Antara/Adiwinata Solihin

NASIONAL

BPOM Awasi Distribusi untuk Pastikan Mutu Vaksin
Artis Gisella Anastasia atau Gisel. Foto/Ist

NASIONAL

Polisi: Gisel yang Rekam Video dan Kirim ke MYD Via AirDrop
Ilustrasi Vaksin Covid-19. Foot/Antara

NASIONAL

Vaksinasi Lansia di DKI Bisa Drive Thru Mulai 3 Maret
Petugas mengevakuasi kendaraan minibus yang terlibat kecelakaan di Tol Cipali, Senin pagi (10/8) lalu. Foto ilustrasi/Radar Cirebon

NASIONAL

Kecelakaan di KM 77 Tol Cipali Akibatkan 10 Orang Meninggal
Presiden Joko Widodo berswafoto dengan aparatur sipil negara saat peringatan hari ulang tahun ke-47 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) di Istora Senayan, Jakarta. Foto/Antara

NASIONAL

SE Kemenag Larang ASN Gabung FPI dan HTI