Home / NASIONAL

Rabu, 27 Januari 2021 - 20:38 WIB

Total Kerugian Gempa Sulbar Capai Rp829,1 Miliar

Gempa Mamuju. Foto/Antara

Gempa Mamuju. Foto/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut total kerugian akibat kerusakan yang disebabkan gempa di Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat mencapai Rp829,1 miliar. Angka tersebut berdasarkan update pada 26 Januari 2021.

Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB, Rifai mengungkapkan data kerusakan dan kerugian akibat gempa ini masih bisa berubah. Kini pihaknya masih terus melakukan pendataan.

Menurut Rifai, data yang sudah ada akan diproses dan dilaporkan ke Gubernur Sulbar untuk segera ditindaklanjuti. Begitu pula dengan data susulan. Warga yang sudah terdata kerusakan rumahnya akan segera diberikan dana stimulan sesuai arahan Presiden Joko Widodo.

“Sesuai catatan saya, hampir 80 persen warga yang rumahnya rusak ringan dan rusak sedang akan segera meninggalkan tempat pengungsian. Dana stimulan langsung kami berikan kepada mereka 100 persen,” ungkap Rifai dalam keterangannya, Rabu (27/1).

Rifai mengatakan, pemberian dana stimulan bagi korban gempa ini dilakukan untuk mempercepat pemulihan ekonomi. Targetnya, lanjut dia, pemulihan pascagempa di Sulbar akan selesai pada bulan Juni 2021.

“Langkah ini akan mempercepat pemulihan pascagempa. Pemulihan diharapkan dapat selesai pada Juni 2021 nanti, sesuai arahan Presiden Joko Widodo,” tuturnya.

Lebih lanjut, Rifai merinci total kerusakan dan kerugian akibat gempa di Majene mencapai Rp449,8 miliar. Terdiri dari sektor permukiman Rp365,3 miliar, sosial Rp76,9 miliar, ekonomi Rp5,13 miliar, lintas sektor Rp2,1 miliar, dan infrastruktur Rp235 juta.

“Kerusakan di Majene meliputi rumah 4.122 unit, fasilitas ekonomi dan perkantoran 32 unit, fasilitas kesehatan 17 unit dan kantor militer 1 unit,” ujarnya.

Sementara itu, total kerusakan dan kerugian di Mamuju mencapai Rp 379,3 miliar. Rinciannya, kerusakan terbesar dari sektor permukiman Rp270,1 miliar, sektor ekonomi Rp50,4 miliar, lintas sektor Rp39,9 miliar, sosial Rp17,4 miliar, dan infrastruktur Rp1,3 miliar.

“Kerusakan di Mamuju, totalnya 3.741 unit rumah, fasilitas kesehatan 5 unit, jembatan 3 unit, pelabuhan 1, mini market 1, perkantoran 1 dan hotel 1,” tukasnya.

(bad/npb)

Share :

Baca Juga

Transjakarta. ist

NASIONAL

TransJakarta Buka Rute Baru Tanjung Priok-Ancol Barat
Sejumlah anggota Satuan Pengamanan (Satpam) mengikuti upacara HUT ke-38 Satpam. Foto/Antara

NASIONAL

Terapkan Pam Swakarsa, Unpad Ganti Seragam Satpam Jadi Cokelat
Menteri Keuangan Sri Mulyani. Foto: Kementerian Keuangan

NASIONAL

Cair 17 Agustus, Ini Syarat UMKM Dapat Bantuan Rp2,4 Juta
Rizieq Shihab. Foto/AFP/Bay Ismoyo

NASIONAL

Pasal Penghasutan Jerat Rizieq Shihab
Petugas bawa serpihan pesawat Sriwijaya Air. Foto/Antara

NASIONAL

Basarnas Perpanjang Pencarian SJ 182 hingga 21 Januari
Ilustrasi--Waterpark Snowbay. Foto/Antara

NASIONAL

Buntut Kerumunan Waterboom Cikarang, Kapolres Dicopot
Siluet penumpang berjalan di koridor bandara. Foto/Antara

NASIONAL

Surat Swab Palsu Bisa Timbulkan Klaster Baru di Pesawat
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim. Foto/Ist

NASIONAL

Asesmen Bukan Sekedar Pengganti Ujian Nasional