Home / GLOBAL

Jumat, 8 Januari 2021 - 21:12 WIB

Trump Akui Tak Akan Jadi Presiden Dua Periode

Presiden AS Donald Trump. Foto/Ist

Presiden AS Donald Trump. Foto/Ist

JAKARTA, BERITANUSA.id – Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengakui secara terbuka untuk pertama kalinya bahwa ia tidak akan menjabat untuk periode kedua di Gedung Putih.

Dalam pidatonya di Gedung Putih melalui sebuah video, Trump mengatakan bahwa transisi pemerintahan saat ini sedang berlangsung.

“Pemerintahan baru akan diresmikan pada 20 Januari. Fokus saya saat ini adalah memastikan peralihan kekuasaan yang mulus, teratur, dan lancar,” kata Trump dalam video tersebut.

Dikutip CNN, meski telah mengakui pemerintahan baru akan segera dilantik, Trump tetap tak memberikan ucapan selamat kepada penerusnya, Joe Biden.

Pengakuan Trump ini muncul dua bulan setelah pemilihan umum berlangsung pada November lalu dan ketika seruan untuk memakzulkannya kembali ramai terdengar.

Dewan Perwakilan, Senat, hingga Jaksa Agung AS mendesak Wakil Presiden Mike Pence segera mengeluarkan Amandemen ke-25 untuk mencopot dan menggantikan Trump yang dinilai menghasut pendukungnya untuk melakukan kerusuhan di Gedung Capitol Hill pada Rabu (6/1).

Kerusuhan itu terjadi ketika massa pendukung Trump menggelar demonstrasi di depan Gedung Capitol saat Kongres tengah melangsungkan penghitungan pemungutan suara elektoral pemilu pada Rabu siang.

Sebagian pendukung Trump berasal dari kelompok milisi dan organisasi masyarakat sayap kanan dan supremasi kulit putih seperti Proud Boys.

Demonstrasi berujung ricuh itu menyebabkan lima orang tewas, termasuk seorang wanita yang tertembak saat kerusuhan, hingga kerusakan di sejumlah bagian Gedung Capitol.

(cnn)

Share :

Baca Juga

Ledakan besar terjadi di pelabuhan Beirut, Lebanon. Foto/Istt

GLOBAL

Ledakan Besar Terjadi di Lebanon, Ratusan Bangunan Hancur
Jet tempur F-18 Foto/Ist

GLOBAL

AS Setujui Jual Jet Tempur F-15 dan F-18 ke RI
Wisata bahari di pulau-pulau kecil. Foto/Ist

GLOBAL

Indonesia Ingin Jadi Pionir Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan
ilustrasi bom Filipina. Foto/Ist

GLOBAL

Filipina Ungkap Identitas Terduga Pelaku Bom Bunuh Diri
Joe Biden dan Kamala Harris resmi dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden Amerika Serikat, Rabu (20/1). Foto/Reuters

GLOBAL

Joe Biden-Harris Resmi Jadi Presiden dan Wapres AS
Calon penumpang berjalan untuk lapor diri sebelum naik pesawat di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (23/12/2020). Foto/Antara

GLOBAL

RI Perpanjang Larangan Masuk WNA hingga 25 Januari
Ilustrasi vaksin. Foto/Pixabay

GLOBAL

Vaksin AstraZeneca Diklaim Aman dari Resiko Pembekuan Darah
Presiden AS Donald Trump. Foto/Ist

GLOBAL

AS Beri RI Miliaran Dolar Asal Buka Hubungan dengan Israel