Home / NASIONAL

Selasa, 29 Desember 2020 - 11:01 WIB

Tutup Pintu WNA, WNI Tetap Boleh Masuk

Antrian calon penumpang untuk pemeriksaan dokumen di Terminal 2, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Jumat (15/5/2020). Foto/MI

Antrian calon penumpang untuk pemeriksaan dokumen di Terminal 2, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Jumat (15/5/2020). Foto/MI

JAKARTA, BERITANUSA.id – Pemerintah telah memutuskan menutup pintu masuk bagi warga negara asing (WNA) mulai 1 hingga 14 Januari 2021. Kendati begitu, warga negara Indonesia (WNI) yang ingin kembali ke Tanah Air tidak dilarang.

Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno LP Marsudi menyebut hal tersebut sesuai Pasal 14 Undang-undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian, WNI yang berada di luar negeri tetap diizinkan kembali ke Indonesia.

“Pasal 14 (UU Keimigrasian), warga negara Indonesia tetap diizinkan kembali ke Indonesia,” ujar Menlu Retno dalam konferensi pers yang disiarkan akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin (28/12).

Ia menambahkan, ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi oleh WNI ketika hendak pulang ke Indonesia sebagaimana adendum Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 3 tahun 2020.

Berikut beberapa butir dalam SE Satgas Covid-19:

  • Menunjukkan hasil negatif melalui tes RT-PCR di negara asal yang berlaku maksimal 2 x 24 jam sebelum jam keberangkatan dan dilampirkan pada saat pemeriksaan kesehatan atau eHAC internasional Indonesia
  • Pada saat kedatangan di Indonesia melakukan pemeriksaan ulang RT-PCR dan apabila menunjukkan hasil negatif maka melakukan karantina wajib selama 5 hari terhitung sejak tanggal kedatangan di tempat akomodasi karantina disediakan oleh pemerintah.
  • Setelah karantina 5 hari WNI melakukan pemeriksaan ulang RT-PCR dan apabila hasil negatif maka diperkenankan meneruskan perjalanan.

(kem/lua)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi tanah longsor. Foto/Antara

NASIONAL

BNPB: 2.676 Bencana Alam Terjadi Sepanjang 2020
Ilustrasi--Uang Rp100 ribu. Foto/Istimewa

NASIONAL

Skema Penyaluran Bansos Covid-19 di DKI Tahun 2021
Ilustrasi gempa bumi. Foto/Ist

NASIONAL

Gempa Magnitudo 6,3 Guncang Sumatera Barat

NASIONAL

Yogyakarta Jadi Provinsi Terbaik Penanganan Covid-19
Ilustrasi Covid-19 di Jakarta. Foto/Antara

NASIONAL

Update Corona 4 Januari: Tambah 6.753, Positif 772.103
Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Muhammad Taufik. Foto/Ist

NASIONAL

APBD Perubahan DKI 2020 Ditetapkan Rp63,23 Triliun
Upaya pencarian korban kecelakaan Sriwijaya Air. Foto/Antara

NASIONAL

Investigasi Pencarian CVR Sriwijaya SJ 182 Dilanjutkan
Ilustrasi--Pisau. Foto/Istimewa

NASIONAL

Plt Kadis Parekraf DKI Jakarta Ditusuk di Kantor