Home / NASIONAL

Selasa, 22 Desember 2020 - 20:48 WIB

Umat Kristiani Diminta Ibadah Natal di Rumah

Ilustrasi--Umat Katolik melaksanakan ibadah misa harian dengan menjaga jarak di Gereja Maria Ratu Damai, Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (20/3/2020). Foto/Antara

Ilustrasi--Umat Katolik melaksanakan ibadah misa harian dengan menjaga jarak di Gereja Maria Ratu Damai, Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (20/3/2020). Foto/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – Sekjen Keuskupan Agung Jakarta, Romo Vincentius Adi Prasojo mengingatkan para jemaat untuk merayakan ibadah Natal dengan suasana hening dan sederhana. Imbauan ini seiring masih masifnya penyebaran Covid-19 di Ibu Kota.

“Kami selalu memperhatikan Surat Edaran dari Kementerian Agama juga dari Pemda DKI dan terakhir juga dari Surat Edaran dari Satgas Penanganan Covid-19, karena itu tentu untuk ibadat Natal,” ungkap Romo Adi dalam dialog secara virtual di Graha BNPB, Jakarta, Senin (21/12).

“Kami menyebutnya ibadat, menghindari kata-kata perayaan, untuk mengingatkan Jemaat bahwa ini kita masuk dalam peribadatan, suasana hening dan sederhana,” sambungnya.

Pada kesempatan itu, Romo Adi juga menjelaskan tata cara peribadatan Natal di masa pandemi. “Kami melakukan penyesuaian dalam tata peribadatan, yang biasanya 2 jam, lalu ini maksimal hanya 1 jam. Jumlah yang hadir juga mengikuti protokol kesehatan,” tuturnya.

Selama masa pandemi Covid-19 ini, Romo Adi juga menganjurkan jemaat untuk merayakan Natal di rumah saja.

“Jemaat untuk tidak bepergian tidak mudik, tetap di rumah, silaturahmi Natal antara keluarga tetap di rumah, kalau perlu online saja. Dan itu yang persiapan-persiapan yang terus kami lakukan termasuk dalam hal tracing dengan pendaftaran online,” jelasnya.

Romo Adijuga menyampaikan untuk perayaan Natal secara langsung di Gereja Katedral tetap dilakukan. Namun tetap sesuai dengan ketentuan protokol kesehatan.

“Sudah 3 bulan ini kami mengadakan peribadatan tatap muka, offline. Dan untuk Natal peribadatan tetap ada, dengan tetap mengikuti protokol kesehatan dengan durasi yang dipersingkat dan aturan yang semakin ketat,” tukasnya.

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

Kantor KPK. Foto/Tirto

NASIONAL

Satu Pegawai KPK Meninggal Dunia Karena Covid
Warga menunjukkan contoh surat suara saat simulasi pemungutan suara pemilihan serentak 2020 di Jakarta. Foto/Antara

NASIONAL

Bawaslu Terima Laporan Dugaan Pelanggaran Pilkada 2020 di Tangsel
Ilustrasi Garis Polisi. Foto/MI

NASIONAL

Anggota TNI Dikabarkan Jadi Korban Tewas di Kafe Cengkareng

NASIONAL

PBNU: Pemerintah Harus Bantu UMKM Terdampak Covid-19
Presiden Joko Widodo. Foto/Antara

NASIONAL

Jokowi Suntik Vaksin Corona Besok, Istana Siarkan Live Streaming
Presiden Jokowi menyampaikan belasungkawa atas bencana di Sulawesi Barat dan Jawa Barat. Foto/Setneg

NASIONAL

Jokowi: Vaksinasi Muslim Bulan Puasa Dilakukan Malam Hari
Imam Besar FPI Rizieq Shihab. Foto/Liputan6

NASIONAL

Polda Jabar Tetap Akan Periksa Rizieq Soal Megamendung
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kanan) berbincang dengan warga ketika bersepeda di Jakarta, Jumat (20/9/2019). Foto/Antara

NASIONAL

Jalur Sepeda hingga Integrasi Moda Buat Anies Jadi ‘Hero’