Home / UMKM

Rabu, 16 September 2020 - 13:19 WIB

UMKM Jamu Harus Genjot Ekspor di Masa Pandemi

JAKARTA, BERITANUSA.id – Menteri Perdagangan Agus Suparmanto meminta pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) jamu menggenjot pasar ekspor di masa pandemi Covid-19. Menurutnya, hal tersebut seiring dengan tingginya permintaan produk jamu di luar negeri.

“Kita dapat mengubah momentum krisis ini menjadi lompatan kesempatan. Jamu adalah salah satu keunggulan lokal yang memiliki potensi besar di pasar domestik dan luar negeri,” kata Agus dalam keterangan tertulisnya, Selasa (15/9).

Agus mengungkapkan, pelaku usaha jamu dapat menggencarkan pola distribus omni channel yang menggabungkan antara kekuatan saluran distribusi daring seperti marketplace, media sosial, dan situs web, dengan saluran distribusi luring yang konvensional.

“Disrupsi yang terjadi selama pandemi covid-19 ini telah menggeser perilaku dan pola konsumsi masyarakat dunia ke arah yang semakin sadar kesehatan. Dengan demikian, potensi jamu di masa depan bisa lebih menjulang,” paparnya.

Mendag menambahkan industri jamu menjadi percontohan kelompok usaha lain untuk bisa melihat peluang ekspor. Sebab produk jamu Indonesia mampu menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang covid-19.

“Industri jamu memiliki peran penting dalam perekonomian nasional dengan menyediakan lapangan kerja untuk tiga juta tenaga kerja, dan tahun lalu tumbuh enam persen atau berada di atas pertumbuhan ekonomi nasional,” papar dia. (med/com)

Share :

Baca Juga

Foto: Istimewa

UMKM

Cetak Wirausaha Baru, KKP Gelar Pelatihan Olah Mie Rumput Laut
Sebanyak 20 mitra usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Pusatnusa mengikuti Webinar Entrepreneur Series yang digelar oleh Sudin PPKUKM Jakarta Barat pada Selasa (20/10). Tangkapan layar/Beritanusa

UMKM

Mitra UMKM Pusatnusa Dibimbing Untuk Mencatat Keuangan dalam Usaha
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. Foto/Kemenkop UKM

EKONOMI

Standardisasi Produk Tantangan UMKM Tembus Pasar Global
Menkop UKM Teten Masduki. Ist

EKONOMI

Rencana Perpanjangan BLT UMKM Rp2,4 Juta
Foto: Kementerian Koperasi dan UMKM.

UMKM

Debitur KUR Mikro Mulai Rasakan Manfaat Program PEN
Ilustrasi--Uang Rp100 ribu. Foto/Istimewa

EKONOMI

Cara Cairkan BLT UMKM Rp2,4 Juta
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. Foto/Ist

UMKM

Pemerintah Gelar Pelatihan Pengadaan Barang dan Jasa untuk UMKM
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. Foto/Antara

EKONOMI

Menkop UKM: UU Ciptaker Bakal Perkuat KUMKM dalam Rantai Pasok