Home / EKONOMI / UMKM

Jumat, 8 Januari 2021 - 18:32 WIB

UMKM Jangan Menyerah

Presiden RI Joko Widodo. Foto/BPMI Setpres

Presiden RI Joko Widodo. Foto/BPMI Setpres

JAKARTA, BERITANUSA.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk tidak menyerah dalam berusaha di tengah tekanan corona. Apalagi, mulai pekan depan vaksinasi covid-19 akan mulai dilaksanakan.

Jokowi mengaku paham dengan keadaan berat yang dihadapi pelaku UMKM. Dia mengatakan kerap mendengar pedagang kecil mengeluh omzet jatuh hingga setengah dari normal karena pandemi. Bahkan, ada juga yang sampai gulung tikar.

Dengan bergulirnya vaksinasi pada tanggal 13 Januari nanti, secara bertahap vaksinasi akan diberikan kepada 70 persen rakyat Indonesia sehingga tercipta kekebalan komunal. Jika sudah begitu, ia optimis pandemi akan berhenti dan ekonomi berjalan dengan normal.

“Saya harapkan dalam kondisi saat ini tidak ada yang menyerah, tapi harus tetap usaha dan berusaha keras agar bisa bertahan di kondisi yang sangat sulit ini. Pada satu titik kita akan kembali, InsyaAllah segera ke normal,” ucap Jokowi saat memberikan modal kerja kepada UMKM yang disiarkan secara daring, Jumat (8/1).

Di kesempatan itu, Jokowi juga memberikan bantuan tunai senilai Rp2,4 juta kepada pelaku UMKM. Ia berharap dapat menjadi tambahan modal untuk bertahan di tengah pandemi.

Bantuan tersebut merupakan lanjutan dari program Bantuan Presiden (Banpres) Produktif yang dimulai pada 2020 lalu. Program dilanjutkan di 2021 karena Jokowi menilai masih banyak pelaku UMKM yang membutuhkan bantuan modal demi bertahan.

Meski mengaku pandemi membuat para pedagang kesulitan, Jokowi menyebut ia masih bersyukur lantaran Indonesia tidak mengalami kasus sebanyak negara lainnya hingga harus di-lockdown.

“Kita di sini aktivitas meski terbatas tapi masih bisa beraktivitas, bisa berusaha meskipun dibatasi dengan protokol kesehatan yang ketat. Bapak Ibu masih bisa usaha, ini memang bukan kondisi normal, saya tahu,” ujarnya.

(cnn/eko)

Share :

Baca Juga

Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan. Foto/Antara Foto/Hafidz Mubarak A

EKONOMI

Luhut Minta UMKM Masuk Dalam Katalog Pengadaan Pemerintah
Ilustrasi--Lahan Blok 47 PT. Perkebunan Nusantara (PTPN) IV Kebun Tobasari, Simalungun, Sumatra Utara. Foto/Antara

EKONOMI

Pemerintah Bidik Ekspor Teh, Kopi dan Kakao ke Inggris
Penerima manfaat menunjukkan Kartu Prakerja. Foto/Antara

EKONOMI

7 Tips Lolos Kartu Prakerja Gelombang 13
Ilustrasi UMKM digital. Foto/Ist

UMKM

60 Persen Pelaku UMKM Belum Melek Digital
Sudin PPAPP Jakarta Timur. Ist

UMKM

Sudin PPAPP Jaktim Berikan Pembinaan pada Jakpreneur
Ilustrasi koin emas Dinar. Foto/Antara

EKONOMI

Polri Tangkap Pendiri Pasar Muamalah di Depok
Sebagian pekerja di DKI Jakarta saat PSBB. Foto/MI

EKONOMI

Serapan Tenaga Kerja Naik Jadi 1,15 Juta pada 2020
Ilustrasi--Pesawat boeing 737-300 seri classic. Foto/Antara

EKONOMI

Inspeksi Seluruh Boeing 737 Seri Classics Dimulai