Home / NASIONAL

Kamis, 1 Oktober 2020 - 16:52 WIB

UNICEF Apresiasi Pemerintah Indonesia Terapkan Imunisasi

UNICEF memberikan vaksin imunisasi. Foto/UNICEF

UNICEF memberikan vaksin imunisasi. Foto/UNICEF

JAKARTA, BERITANUSA.id – UNICEF Indonesia mengapresiasi upaya pemerintah dalam melakukan kegiatan imunisasi kepada anak usia 5 sampai 10 tahun. Sehingga, para generasi penerus bangsa itu dapat terlindungi dari ancaman penyakit berbahaya yang mengancam jiwa.

“Pemerintah luar biasa komitmennya untuk menjaga hal ini, sekarang layanan imunisasi dasar buat anak balita dan usia sekolah dapat dilakukan melalui pos layanan imunisasi,” kata Communication for Development Specialist UNICEF Indonesia Rizky Ika Syafitri dalam diskusi Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) bertajuk “Vaksin: Melindungi Diri, Melindungi Negeri” yang diselenggarakan pada Media Center KPCPEN di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Kamis (1/10).

Menurut dia, pemerintah telah menunjukkan perhatiannya dalam melindungi masyarakat dari penyakit berbahaya, salah satunya dengan cara komitmen melakukan imunisasi bahkan secara gratis kepada masyarakat. Hal ini membuktikan, upaya optimal pemerintah dalam membuat masyarakat senantiasa aman dari gangguan penyakit-penyakit.

“Imunisasi diberikan secara gratis oleh pemerintah jadi masyarakat yang punya anak balita maupun usia sekolah bisa datang langsung ke pos pelayanan imunisasi,” tuturnya.

Sebagai lembaga yang memperhatikan masalah anak, Ia memandang langkah pemerintah Indonesia telah tepat. Melakukan serangkaian intervensi khususnya di bidang kesehatan melalui program imunisasi. Berkat dari hal itu, jutaan nyawa anak dari berbagai usia dapat diselamatkan dari ancaman penyakit berbahaya.

“Sudah terbukti menyelamatkan jutaan anak dari kematian, kesakitan, dan kecatatan. Ini merupakan hal yang luar biasa manfaatnya,” imbuhnya.

Imunisasi diakuinya telah terbukti bisa menambah kekebalan tubuh kebal terhadap berbagai virus dan bakteri.

“Masyarakat harusnya betul-betul mengambil manfaat dari program yang disediakan pemerintah ini,” katanya.

Imunisasi juga merupakan langkah yang dapat melindungi orang lain dari ancaman penyakit berbahaya. Maksudnya, dengan seseorang melakukan imunisasi maka secara otomatis tidak akan menulari orang lain dari berbagai penyakit.

Contohnya, seseorang yang melakukan imunisasi dapat mencegah kaum rentan tertular penyakit berbahaya. Apabila, mayoritas masyarakat menjalankan hal tersebut, maka dapat menghasilkan ketahanan kelompok yang membuat setiap individu masyarakat mendapatkan kekebalan tubuh dalam menangkal penyakit berbahaya.

“Penyakit itu semakin besar cakupannya yang diimunisasi dari jumlah populasi itu maka akan terbentuk kekebalan kelompok (herd imunity),” pungkasnya.

(kom/inf)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi peneliti yang mencermati sampel tes covid-19. Foto/AFP

NASIONAL

Mengenal 6 Vaksin Covid yang Digunakan di RI
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan keterangan pers di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (20/7). Foto/AntaraMenko Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan keterangan pers di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (20/7). Foto/Antara

NASIONAL

Pemerintah Bakal Berlakukan PPKM Berbasis Mikro
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Foto: Istimewa

NASIONAL

Pemerintah Akan Berikan Bantuan Modal Kerja untuk 12 Juta Pelaku UMKM
Presiden RI Joko Widodo. Foto/Antara

NASIONAL

Jokowi: Pemerintah Optimis dalam Pengendalian Covid-19
Basarnas menemukan 29 korban jiwa yang tertimbun tanah longsor di Sumedang, Jawa Barat. Foto/Instagram @sar_nasional).

NASIONAL

29 Korban Tanah Longsor di Sumedang Ditemukan
Artis Gisella Anastasia tersandung kasus video mesum. Foto/Antara/Hafidz Mubarak

NASIONAL

Ancaman 12 Tahun Penjara untuk Gisel
Istri Edhy Prabowo, Iis Rosyita Dewi dalam lanjutan kasus izin ekspor benur di bawah Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) pada 2020. Foto/Antara

NASIONAL

KPK Periksa Istri Edhy Prabowo Soal Ekspor Benih Lobster
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy. Foto/MI

NASIONAL

Pemerintah Pastikan Pangkas Libur Panjang Akhir Tahun