Home / NASIONAL

Kamis, 18 Februari 2021 - 16:43 WIB

Update Corona 18 Februari: Tambah 9.039, Positif 1.252.685

Dengan metode PCR swab, petugas mengambil sampel lendir dari dalam hidung seorang warga di Jepang, untuk mendeteksi virus korona. Foto/AFP

Dengan metode PCR swab, petugas mengambil sampel lendir dari dalam hidung seorang warga di Jepang, untuk mendeteksi virus korona. Foto/AFP

JAKARTA, BERITANUSA.id – Kasus positif virus corona (Covid-19) bertambah 9.039 pada hari ini, Kamis (18/2). Dengan demikian, total jumlah kasus positif virus corona di Indonesia ada sebanyak 1.252.685 sejak pertama kali diumumkan pemerintah pada awal Maret 2020.

Dari total kasus positif tersebut, 1.058.222 di antaranya telah sembuh (bertambah 10.546) dan 33.969 meninggal dunia (bertambah 181).

Kasus aktif hingga hari ini total ada 160.494 (berkurang 1.688). Selain itu ada 82.444 pasien suspek per Rabu (17/2).

Pandemi virus corona melanda Indonesia sejak awal Maret 2020 lalu. Seiring berjalannya waktu, jumlah kasus positif terus meningkat dari hari ke hari di tanah air.

Jumlah daerah yang terpapar pun terus bertambah. Begitu pula zona merah risiko penularan virus corona. Provinsi DKI Jakarta menjadi yang terbanyak di antara daerah lainnya.

Sejauh ini, pemerintah pusat dan daerah telah melakukan berbagai upaya guna menanggulangi pandemi virus corona. Selain melakukan pengetesan, pembatasan kegiatan masyarakat juga diterapkan.

Sosialisasi pun terus disampaikan agar masyarakat di semua lapisan senantiasa patuh terhadap protokol kesehatan.

Kini pemerintah pusat juga melaksanakan program vaksinasi. Targetnya, 181 juta warga diberi vaksin virus corona guna menciptakan kekebalan kelompok (herd immunity).

Terbaru, Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo menyatakan bahwa pemerintah menargetkan Indonesia terbebas dari pandemi virus corona pada 17 Agustus mendatang.

“Target kita adalah pada 17 Agustus yang akan datang kita harus betul-betul terbebas dari Covid. Artinya Covid betul-betul pada posisi yang dapat dikendalikan,” kata Doni dalam rapat koordinasi yang digelar secara virtual di kanal Youtube Pusdalops BNPB, Senin (15/2).

Satgas percaya diri lantaran peningkatan kasus positif dari hari ke hari cenderung menurun. Terlebih, program vaksinasi juga sudah berjalan dan bakal memasuki tahap kedua.

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi. Peta prakiraan cuaca. Foto: AFP PHOTO / ADEK BERRY

NASIONAL

BMKG: Potensi Hujan Lebat Disertai Petir di Jakarta pada Sore Hari
Elemen buruh berunjuk rasa memperingati Hari Buruh Internasional di Jkaarta. Foto/Antara

NASIONAL

Buruh Bakal Demo Setiap MK Gelar Sidang UU Cipta Kerja
Polisi menunjukkan sejumlah senjata api dan senjata tajam yang dipakai pengawal Rizieq. Foto/Antara

NASIONAL

Hasil Rekonstruksi Bentrok Polisi-FPI
Presiden Joko Widodo menjadi salah satu pembicara dalam APEC CEO Dialogues 2020 secara virtual sebagaimana ditayangkan kanal YouTube Sekretariat Presiden pada Kamis, 19 November 2020. Foto/BPMI Setpres

NASIONAL

RI Pesan 329,5 Juta Dosis Vaksin Lagi
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto/Rakyat Merdeka

NASIONAL

Anies Baswedan Temui Rizieq Shihab Semalam
Destinasi pariwisata Labuan Bajo. Foto/Ist

NASIONAL

Kominfo Dukung Labuan Bajo sebagai Daerah Pariwisata Super Prioritas
Ilustrasi dana desa.

NASIONAL

Kemendes Ungkap Penyebab BLT Dana Desa Belum Tersalur 100 Persen
Kasus positif virus corona di Indonesia. Foto/MI/Andri Widyanto

NASIONAL

Update Corona: Bertambah 2.853, Kasus Positif Jadi 440.569 Orang