Home / NASIONAL

Rabu, 6 Januari 2021 - 18:03 WIB

Update Corona 6 Januari: Tambah 8.854, Positif 788.402

Ilustrasi korban positif Covid-19 meninggal dunia. Foto/AFP

Ilustrasi korban positif Covid-19 meninggal dunia. Foto/AFP

JAKARTA, BERITANUSA.id – Kasus positif virus corona (Covid-19) bertambah 8.854 pada hari ini, Rabu (6/1). Dengan demikian, total telah ada 788.402 kasus positif di Indonesia sejak pertama kali diumumkan Maret 2020 lalu.

Peningkatan kasus positif pada hari ini mencatatkan rekor. Rekor sebelumnya adalah penambahan 8.369 kasus positif dalam sehari.

Dari jumlah 788.402 kasus positif, sebanyak 652.513 telah sembuh (bertambah 6.767) dan 23.296 meninggal dunia (bertambah 187) akibat terinfeksi virus corona. Ada 67.908 spesimen yang diperiksa.

Tingkat penularan virus corona kembali naik tinggi di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Banyak rumah sakit di berbagai daerah yang sudah penuh.

Pemerintah juga terus mengimbau masyarakat agar senantiasa mematuhi protokol kesehatan pencegahan virus corona. Misalnya rajin mencuci tangan, menjauhi kerumunan dan selalu memakai masker.

Terbaru, pemerintah ingin seluruh provinsi di Pulau Jawa dan Bali menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dengan ketat. Tak lain dan tak bukan demi menekan laju penularan virus corona.

“Penerapan pembatasan secara terbatas dilakukan provinsi di Jawa dan Bali karena seluruh provinsi tersebut memenuhi salah satu dari empat parameter yang ditetapkan,” kata Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Airlangga Hartarto, Rabu (6/1).

Meski vaksin Sinovac telah tiba dan hanya tinggal menunggu izin pakai dari BPOM, pemerintah tetap meminta masyarakat senantiasa mematuhi protokol kesehatan. Pembatasan kegiatan di luar rumah akan diperketat dalam waktu dekat.

Mengenai vaksin, Presiden Jokowi mengatakan pemerintah akan mendatangkan 426 juta dosis dari sejumlah perusahaan internasional. Sebanyak 329,5 juta dosis telah dipesan.

Sejauh ini baru ada 3 juta dosis vaksin Sinovac yang telah datang. Dia mengatakan bakal ada 122,5 juta dosis yang menyusul dalam waktu dekat.

Indonesia juga akan mendatangkan 50 juta dosis vaksin Novavax dari Kanada, 50 juta dosis vaksin Covax dari Gavi, 50 juta dosis vaksin AstraZaneca dari Inggris, dan 50 juta dosis vaksin Pfizer dari Amerika Serikat.

“Saya minta kesiapan-kesiapan kita dalam rangka menuju vaksinasi agar dicek dan dikontrol para gubernur,” ujar Jokowi.

Share :

Baca Juga

Gedung Kejagung RI kebakran. Foto/Ist

NASIONAL

Tersangka Kebakaran Kejagung Tak Ditahan karena Bersikap Kooperatif
Ketimpangan sosial di ibu kota Jakarta. Foto/Ist

NASIONAL

Pemulihan Ekonomi Harus Prioritaskan Masyarakat Menengah Bawah
Ilustrasi PSBB Jakarta. Foto/Antara

NASIONAL

Cara Pemerintah Maksimalkan 3T hingga Desa Lewat PPKM Mikro
Ilustrasi gempa bumi. Foto/Ist

NASIONAL

Gempa Magnitudo 6,3 Guncang Sumatera Barat
Bioskop di Jakarta kembali dibuka. Foto/Ist

NASIONAL

Bioskop di Jakarta Diizinkan Beroperasi Lagi
Presiden Joko Widodo melantik Gubernur dan Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Utara (Kaltara) dan Sulawesi Utara (Sulut) terpilih di Istana Negara, Senin (15/2). Foto/Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

NASIONAL

Jokowi Lantik Gubernur-Wagub Kaltara dan Sulut 2021-2024
Ilustrasi suntik vaksin Covid-19. Foto/Ist

NASIONAL

Ratusan Ribu Warga Depok Jalani Vaksinasi Covid Bulan Depan
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus. Foto/ANTARA

NASIONAL

Bripka CS Tembak Anggota TNI dalam Kondisi Mabuk