Home / NASIONAL

Jumat, 18 September 2020 - 17:27 WIB

Update Kasus Corona 18 September: 236.519 Positif, 170.774 Sembuh

Ilustrasi vaksin Covid-19. Foto/Ist

Ilustrasi vaksin Covid-19. Foto/Ist

JAKARTA, BERITANUSA.id – Kasus positif virus corona (Covid-19) di Indonesia per Jumat (18/9) bertambah 3.891 orang sehingga total mencapai 236.519 kasus. Dari jumlah itu 170.774 dinyatakan sembuh dan 9.336 meninggal dunia.

Penambahan 3.891 kasus positif hari ini berdasarkan pemeriksaan 44.428 spesimen. Hari ini juga mencatat penambahan kasus sembuh tertinggi sejak pandemi corona pertama kali terdeteksi di Indonesia, awal Maret lalu.

Sebelumnya, rekor tambahan kasus sembuh tertinggi terjadi pada 14 September dengan catatan 3,395 kasus. Hari ini tercatat 4.088 orang dinyatakan sembuh.

“236.519 terkonfirmasi,” demikian keterangan dari situs resmi Kementerian Kesehatan RI.

Selain peningkatan kasus positif dan kesembuhan, jumlah orang yang meninggal dunia juga bertambah. Pada hari ini orang meninggal tercatat sebanyak 114 orang. Sementara jumlah kasus suspek secara keseluruhan sampai hari ini mencapai 104.866 orang.

Sehari sebelumnya kasus positif virus corona tercatat 232.628 kasus, dengan 166.686 di antaranya dinyatakan sembuh dan 9.222 orang meninggal dunia.

Ada penambahan kasus positif sebesar 3.635 kasus pada Kamis lalu. Penambahan ini berdasarkan pemeriksaan terhadap 41.804 spesimen.

Sembilan provinsi mendapat sorotan dan penanganan khusus dari pemerintah dalam upaya menghentikan penularan Covid-19. Sembilan provinsi itu adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Bali, Sumatera Utara, dan Papua.

Presiden Joko Widodo telah menugaskan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Kepala BNPB Doni Monardo menurunkan kasus Covid-19 di sembilan provinsi itu. Keduanya diberi waktu selama dua pekan, terhitung sejak 15 September 2020.

Pandemi corona di Indonesia, salah satunya disumbang oleh klaster-klaster penularan yang cukup besar. Di Jakarta, Kantor Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menjadi klaster penyebaran virus corona terbesar dengan catatan 252 kasus positif Covid-19.

Angka tersebut belum diakumulasikan dengan temuan di kantor Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) sebanyak 50 kasus dan Puslitbang UKM Kemenkes 1 kasus. (cnn/kem/kes)

Share :

Baca Juga

Guru memberikan pengarahan kepada murid saat hari pertama masuk sekolah di SDN 11 Marunggi, Pariaman, Sumatera Barat. Foto/Antara

NASIONAL

Program Kampus Mengajar Angkatan Kedua Dibuka Juni
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Idham Azis meluncurkan Kampung Tangguh di Mauk, Kabupaten Tangerang, Kamis (9/7). (Foto: Div Humas Polri)

NASIONAL

Panglima TNI dan Kapolri Luncurkan Kampung Tangguh di Mauk Tangerang
Imam Besar FPI Muhammad Rizieq Shihab. Foto/Antara/Muhammad Iqbal

NASIONAL

Usai Acara Kerumunan, Rizieq Masuk IGD RS UMMI Bogor
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim. Foto/Ist

NASIONAL

Kemendikbud Luncurkan Merdeka Belajar Jilid Enam
Kepadatan kendaraan roda empat dari arah Bogor menuju Jakarta di Jalan Tol Jagorawi, Cibubur, Jakarta Timur , Senin (1/5). Foto/ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

NASIONAL

Korlantas Polri: 60 Ribu Kendaraan Masuk Jakarta
Haikal Hassan. Foto/Istimewa

NASIONAL

Datangi Polda Metro, Hasil Rapid Test Haikal Hassan Reaktif
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate. Foto/Antara

NASIONAL

Pemerintah Tunjuk 5 Jubir Vaksinasi Corona
Tim SAR gabungan menemukan beberapa puing yang diduga berasal dari pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta. Foto/Pikiran Rakyat

NASIONAL

Polri Terima 62 Laporan Orang Hilang dan 308 Kantong Jenazah