Home / NASIONAL

Rabu, 2 September 2020 - 16:55 WIB

Update Kasus Corona 2 September: 180.646 Positif, 129.971 Sembuh

Ilustrasi virus corona. Ist

Ilustrasi virus corona. Ist

JAKARTA, BERITANUSA.id – Kasus positif virus corona (Covid-19) per Rabu (2/10) mencapai 180.646 kasus. Sebanyak 129.971 orang di antaranya dinyatakan sembuh dan 7.616 orang meninggal.

Berdasarkan data resmi satgas penanganan Covid-19, kasus corona per hari ini bertambah 3.075 orang. Sementara, jumlah orang yang sembuh bertambah 1.914 orang, dan kasus meninggal dunia akibat Covid-19 bertambah 111 orang.

Sehari sebelumnya, Selasa (31/8), kasus positif virus corona mencapai 177.571 kasus, dengan 128.057 orang di antaranya dinyatakan sembuh, dan 7.505 orang meninggal dunia.

Meski sudah ada ratusan ribu kasus, Presiden Joko Widodo menyatakan pandemi Covid-19 di Indonesia masih relatif terkendali dibandingkan dengan negara lain.

“Di negara kita walaupun ada peningkatan di beberapa daerah, tapi kalau dibandingkan negara lain, posisi Indonesia masih relatif terkendali,” kata dia, Selasa (1/9).

Namun, Jokowi mengingatkan angka kematian pasien Covid-19 atau case fatality rate di Indonesia masih lebih tinggi dari rata-rata kematian global. Di Indonesia, angka kematian akibat Covid-19 mencapai 4,2 persen pada Agustus 2020. Sementara, angka kematian global sebesar 3,36 persen.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Abdul Kadir mengatakan masyarakat tidak perlu takut dinyatakan positif Covid-19. Sebab, tak semua yang terdampak memiliki gejala.

Kemenkes pun menilai tak perlu lagi ada pembatasan sosial berskala besar (PSBB) karena hanya akan memicu resesi ekonomi. (cnn/idn)

Share :

Baca Juga

Presiden Joko Widodo menghadiri rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-37 ASEAN secara virtual melalui konferensi video dari Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat, pada Kamis, 12 November 2020. Foto/BPMI/Setpres

NASIONAL

Jokowi Hadiri KTT ke-37 ASEAN, Bahas Pulihkan Ekonomi
Ilustrasi kerumunan--Panggung utama untuk perayaan Tahun Baru 2020 di Bundaran HI Jakarta. Foto/MI

NASIONAL

Sanksi Kerumunan Lebih dari 5 Orang Selama Libur Akhir Tahun
Sejumlah buruh dari beberapa Serikat, Federasi, dan Konfederasi Buruh melakukan aksi unjuk rasa di akses pintu masuk Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara menolak pengesahan Omnibus Law UU Cipta Kerja, Selasa (6/10). Foto/Berita Satu

NASIONAL

Batal Demo di Istana, Buruh Jakarta Gelar Aksi di Pulogadung
Sejumlah kamera cctv terpasang di perempatan Jalan Gunung Sahari, Jakarta untuk tilang elektronik (e-TLE). Foto/MI

NASIONAL

10 Polda Luncurkan Sistem Tilang Elektronik Hari Ini
Ilustrasi--Seorang pria membawa kotak suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Manado, Sulawesi Utara. Foto/Antara

NASIONAL

KPU Usul Pilkada Serentak Diundur Jadi 2026
Tenaga kesehatan khusus menangani pasien covid-19. Foto/Antara

NASIONAL

Meski Tak Terima SMS, Semua Nakes Tetap Suntik Vaksin
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto/Antara

NASIONAL

Anies Pamer Capaian Transportasi DKI di Forum Dunia
Gunung merapi erupsi. Foto/ANTARA/Hendra Nurdiyansyah

NASIONAL

Merapi Luncurkan Guguran Awan Panas Sejauh 1,3 Km