Home / NASIONAL

Kamis, 27 Agustus 2020 - 17:10 WIB

Update Kasus Corona 27 Agustus: 162.884 Positif, 118.575 Sembuh

Ilustrasi tes Covid-19. Foto/Ist

Ilustrasi tes Covid-19. Foto/Ist

JAKARTA, BERITANUSA.id – Kasus positif Covid-19 di Indonesia hari ini, Kamis (27/8), bertambah lagi sehingga secara kumulatif sudah ada 162.884 terinfeksi corona sejak kasus pertama diumumkan pada 2 Maret lalu. Dari jumlah kumulatif terbaru yang dikutip dari data Kemenkes tersebut, dari angka kumulatif itu per hari ini tercatat total sebanyak 118.575 sembuh dan 7.604 meninggal dunia.

Jumlah konfirmasi corona itu bertambah dari sehari lalu di mana angka kumulatif positif mencapai 160.165 terinfeksi corona. Sebanyak 115.409 di antaranya sembuh dan 6.944 meninggal dunia.

Pemerintah saat ini masih terus mengampanyekan adaptasi kebiasaan baru (AKB) di masa pandemi. Pusat-pusat ekonomi sudah beroperasi namun dengan menerapkan protokol kesehatan ketat salah satunya masker. Namun, terjadi contoh ketidakdisiplinan soal penegakan protokol dan penggunaan masker justru dari para menteri pembantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) sendiri.

Untuk diketahui, Jokowi telah menerbitkan Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 yang mengatur soal sanksi bagi warga yang tak menggunakan masker di tengah pandemi Covid-19. Sanksi itu beragam mulai dari teguran, sanksi administratif, hingga sanksi sosial.

Tenaga Ahli Kedeputian Kantor Staf Presiden Donny Gahral Adian menyatakan kasus sejumlah menteri bidang perekonomian tanpa menggunakan masker dalam sebuah sesi foto tak perlu dibesar-besarkan.

“Memang masker itu protokol yang harus jadi kewajiban. Tapi namanya dalam suatu acara mungkin ada kekhilafan atau kealpaan. Saya kira bukan sesuatu yang perlu dibesar-besarkan,” ujar Donny saat dihubungi, Rabu (26/8).

Dony mengatakan pemberian sanksi bagi para menteri sepenuhnya menjadi kewenangan Jokowi selaku kepala pemerintahan.

Pemerintah Indonesia sendiri saat ini tengah mengupayakan vaksin corona. Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan saat ini pemerintah sedang fokus bekerja sama dengan tiga perusahaan vaksin asal Cina, yakni Sinovac, Sinopharm, dan CanSino.

Dari tiga itu, vaksin Sinovac yang sedang diuji klinis di Indonesia. Sebanyak 1.620 relawan ditargetkan menjadi relawan uji vaksin ini di Kota Bandung, di mana salah satunya Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Kepala BNPB Doni Monardo tercatat mendaftarkan diri untuk diuji coba. Sementara dua calon vaksin lainnya masih menunggu proses pengembangan dan jalinan kerja sama antara pemerintah Indonesia dengan perusahaan terkait asal China.

Di samping itu, Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto juga pernah mengatakan pemerintah akan melibatkan PT Kalbe Farma dengan Genexine Consortium Korea Selatan untuk mendapat vaksin. Uji klinis tahap pertama sudah dilangsungkan keduanya di Korea Selatan pada Juni 2020.

Kemudian, rencana selanjutnya Bio Farma dengan Koalisi untuk Inovasi Persiapan Epidemi (Coalition for Epidemic Preparedness Innovation/CEPI), sebuah kerja sama antar pemerintah dan swasta di tingkat global yang berbasis di Norwegia.

Selain itu, Rusia pun mengungkapkan minatnya mendorong kerja sama penyediaan vaksin corona untuk Indonesia. Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Georgievna Vorobieva mengungkapkan kesiapan negaranya untuk bekerja sama dengan Indonesia, termasuk untuk uji klinis. Ia juga mengklaim, harga vaksin yang dinamai Sputnik V itu akan jauh lebih murah di pasaran ketimbang dari negara lainnya. Pihaknya juga sudah mengajukan proposal kerja sama dengan pemerintah Indonesia.

“Belum ada pembicaraan tentang vaksin dari Rusia,” kata Wiku melalui pesan teks saat dimintai tanggapan terkait rencana Rusia tersebut, Kamis (27/8).

Tak hanya dari luar negeri, di dalam negeri pun, Pemerintah sedang mengembangkan vaksin lokal bertajuk merah putih yang merupakan hasil kerja sama PT Bio Farma dan Lembaga Biologi Molekuler Eijkman. (cnn/idn)

Share :

Baca Juga

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Adies Kadir saat raker dengan Menkumham di Ruang Rapat Komisi III DPR RI, Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Senin (24/2/2020). Foto/DPR

NASIONAL

DPR Tolak Calon Tunggal Hakim Agung Usulan KY
Ilustrasi Kartu Prakerja. Foto/Ist

NASIONAL

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 7 Sudah Dibuka, Begini Daftarnya
Menpan-RB Tjahjo Kumolo. Foto/Ist

NASIONAL

Kemenpan-RB Luncurkan Aplikasi “ASN No Radikal”
Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror Polri. Foto/Antara/Mohammad Ayudha

NASIONAL

Densus 88 Terus Ringkus Ratusan Terduga Teroris di Daerah
Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo. Foto/MI

NASIONAL

Komjen Listyo Jalani Uji Kelayakan Calon Kapolri Hari Ini
Penanganan pandemi Covid-19 secara global memerlukan kerja sama erat antarnegara. Foto/BPMI Setpres

NASIONAL

Jokowi Lobi PBB Usahakan Seluruh Negara Dapat Vaksin
Seminar Pengawalan Pembangunan Nasional Menuju Indonesia Maju. Foto/TNI

NASIONAL

TNI-Polri Konsepkan Pengawalan Pembangunan Nasional Menuju Indonesia Maju
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD meminta penegak hukum mulai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kepolisian hingga, Kejaksaan Agung untuk mengusut indikasi dugaan korupsi dana Otonomi Khusus (Otsus) Papua. Foto/MI

NASIONAL

Mahfud MD Minta Penegak Hukum Usut Dugaan Korupsi Otsus Papua