Home / NASIONAL

Selasa, 4 Agustus 2020 - 16:53 WIB

Update Kasus Corona 4 Agustus: 115.056 Positif, 72.050 Sembuh

JAKARTA, BERITANUSA.id – Jumlah kasus positif virus corona (Covid-19) di Indonesia secara kumulatif mencapai 115.056 orang pada hari ini, Selasa (4/8). Data tersebut disampaikan Satuan Tugas Covid-19 per pukul 15.50 WIB.

Dari jumlah kasus positif tersebut, sebanyak 72.050 orang dinyatakan sembuh dan 5.388 orang lainnya meninggal dunia.

Terjadi pertambahan 1.922 orang positif virus corona dari data kemarin. Sementara itu untuk pasien sembuh bertambah 1.813 orang dan pasien meninggal bertambah 86 orang dari kemarin.

Angka kumulatif kasus Covid-19 di Indonesia hari ini bertambah dari laporan sehari sebelumnya. Per Senin (3/8), kasus positif virus corona di Indonesia mencapai 113.134 orang.

Sebanyak 70.237 orang di antaranya dinyatakan sembuh dan 5.302 orang lainnya meninggal dunia.

Kasus positif virus corona meningkat drastis dalam satu bulan terakhir ini. Sepanjang Juli 2020, jumlah kasus baru tembus 51.991 orang atau rata-rata lebih dari 1.000 kasus per hari. Jumlah tersebut meningkat hampir dua kali lipat dari kasus Covid-19 selama Juni, yang sebanyak 29.912 kasus.

Angka kematian pasien positif Covid-19 sepanjang Juli juga meningkat. Tercatat pertambahan angka kematian mencapai 2.255 orang. Jumlah ini meningkat dari Juni yakni sebanyak 1.263 orang dan Mei 821 orang.

Meski demikian, jumlah pasien positif yang sembuh juga meningkat sepanjang Juli yakni mencapai 41.101 orang. Jumlah tersebut naik lebih dari dua kali lipat ketimbang angka kesembuhan Juni yakni sebanyak 17.498 orang.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan kekhawatiran masyarakat terhadap perkembangan kasus virus corona semakin meningkat. Namun, mantan wali kota itu tak mengetahui penyebab masyarakat khawatir.

“Saya tidak tahu sebabnya apa. Tetapi suasana pada minggu-minggu terakhir ini kelihatan masyarakat berada pada posisi yang khawatir mengenai covid,” kata Jokowi.

Jokowi menduga hal itu terjadi karena kasus positif virus corona yang terus meningkat atau banyak masyarakat yang tidak patuh protokol kesehatan.

Ia pun meminta kepada jajaranya agar kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan seperti mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker menjadi perhatian khusus demi mengendalikan persebaran virus.

Mantan gubernur DKI Jakarta itu menginstruksikan jajarannya melakukan kampanye penggunaan masker dalam waktu dua minggu ke depan. Kampanye akan dilakukan secara berselang dengan kampanye untuk jaga jarak.

Namun, di tengah kasus positif virus corona yang terus bertambah dari hari ke hari, Jokowi dan jajarannya masih terus mengampanyekan adaptasi kebiasaan baru. Ia belum mengambil kebijakan untuk kembali menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di sejumlah daerah. (cnn/idn)

Share :

Baca Juga

Petugas di TPS memakai masker dan face shield serta sarung tangan saat mengangkat kotak suara dalam simulasi pemungutan suara di Gedung KPU. Foto/Media Indonesia

NASIONAL

Hasil Pilkada 2020 Diumumkan 26 Desember
Foto: Redaksi Indonesia

NASIONAL

Pemerintah Dinilai Tak Konsisten Kawal Otsus
Foto: Ist

NASIONAL

PSBB Ketat Harus Perhatikan Multisektor
Simulasi pemungutan suara pada Pilkada serentak dengan mengedepakan protokol kesehatan. Foto/ANTARA FOTO/Muhammad Iqba

NASIONAL

24 Wilayah Pilkada 2020 Masuk Zona Merah
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Foto/Antara

NASIONAL

Kabareskrim Minta Jajaran Tunda Proses Hukum Peserta Pilkada
Salah satu isi Pasal 175 UU 11/2020 tentang Ciptaker yang mengubah Pasal 53 UU 30/2014 tentang Administrasi Pemerintahan. (Tangkapan layar via web jdih.setneg.go.id)

NASIONAL

UU Ciptaker Diwarnai Sejumlah Pasal Janggal
Presiden Joko Widodo saat meninjau fasilitas di RSKI Galang, Kepulauan Riau. Foto/Dok Biro Setpres

NASIONAL

Menkes Minta RS Tambah Tempat Tidur untuk Pasien Corona
Logo Kementerian BUMN. Foto: Istimewa

EKONOMI

Pemerintah Bakal Bentuk Holding BUMN Jasa Sertifikasi