Home / UMKM

Senin, 22 Februari 2021 - 15:34 WIB

Usaha Mikro Kecil Diizinkan Beri Upah Pekerja di Bawah UMP

Ilustrasi--UMKM. Foto/Antara

Ilustrasi--UMKM. Foto/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – Pemerintah mengizinkan usaha mikro dan kecil untuk memberikan upah pekerja di bawah upah minimum provinsi (UMP) maupun upah minimum kota/kabupaten (UMK).

Ketentuan itu diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan yang merupakan turunan dari Undang-undang (UU) Nomor 11 tentang Cipta Kerja.

“Ketentuan upah minimum sebagaimana dimaksud dalam Pasal 23 sampai dengan Pasal 35 dikecualikan bagi usaha mikro dan kecil,” tulis Pasal 36 (1) PP36/2021, dikutip Senin (22/2).

Kendati demikian, pengecualian pemberlakuan UMKM bagi usaha mikro dan kecil diberlakukan dengan sejumlah ketentuan. Dalam hal ini, upah usaha mikro dan kecil ditetapkan berdasarkan kesepakatan antara pengusaha dengan pekerja/buruh dengan dua ketentuan.

Pertama, paling sedikit 50 persen dari rata-rata konsumsi masyarakat di tingkat provinsi. Kedua, nilai upah yang disepakati paling sedikit 25 persen di atas garis kemiskinan provinsi.

“Rata-rata konsumsi masyarakat dan garis kemiskinan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) huruf a dan huruf b menggunakan data yang bersumber dari lembaga yang berwenang di bidang statistik,” tulis Pasal 36 (3) PP 36/2021.

Usaha mikro dan kecil yang dikecualikan dari ketentuan upah minimum wajib mempertimbangkan soal mengandalkan sumber daya tradisional dan tidak bergerak pada usaha berteknologi tinggi dan padat modal.

Sebagai informasi, berdasarkan UU Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, usaha mikro adalah usaha yang memiliki kekayaan bersih maksimal Rp 50 juta, tidak termasuk bangunan dan tanah tempat usaha dengan omzet tahunan paling banyak Rp300 juta per tahun.

Sementara, usaha kecil adalah usaha yang memiliki kekayaan bersih Rp50 juta dengan maksimal Rp500 juta. Adapun hasil penjualan bisnis antara Rp300 juta sampai Rp2,5 miliar per tahun.

(cnn/eko)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi uang Rupiah. Foto/Ist

UMKM

Pemerintah Bakal Perpanjang BLT UMKM hingga Tahun Depan
Presiden Jokowi memberi Banpres. Foto/BPMI Setpres

UMKM

Kuota Bantuan 2,4 Juta UMKM Ditambah 3 Juta, Cek dan Penuhi Syarat Ini
Ilustrasi uang Rupiah. Ist

EKONOMI

BLT UMKM Rp2,4 Juta Tutup 10 September, Segera Daftar!
Karyawan bank menghitung tumpukan uang Rupiah. Foto/MI/Ramdani

EKONOMI

BRI dan OVO Bantu UMKM dengan Salurkan Kredit Modal
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. Foto: Magelang Ekspres

UMKM

Banpres Produktif Sudah Tersalurkan Kepada 9 Juta Pelaku UMKM
Foto: Istimewa

UMKM

Cetak Wirausaha Baru, KKP Gelar Pelatihan Olah Mie Rumput Laut
Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM Victoria Simanungkalit. Foto/Ist

EKONOMI

UMKM Mesti Aktif Ikut Pengadaan Barang dan Jasa
Presiden Joko Widodo. Foto/Antara

EKONOMI

Jokowi: UMKM Harus Manfaatkan Marketplace