Home / NASIONAL

Kamis, 26 November 2020 - 11:45 WIB

Usai Jadi Tersangka, Edhy Prabowo: Ini Adalah Kecelakaan

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo (tengah) mengenakan baju tahanan seusai diperiksa di Gedung KPK, Jakarta, Rabu 25 November 2020. Foto/ANTARA/ Indrianto Eko Suwarso

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo (tengah) mengenakan baju tahanan seusai diperiksa di Gedung KPK, Jakarta, Rabu 25 November 2020. Foto/ANTARA/ Indrianto Eko Suwarso

JAKARTA, BERITANUSA.id – Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo siap menghadapi proses hukum yang berjalan usai dirinya ditetapkan sebagai tersangka terkait dugaan suap ekspor benih lobster oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Kemudian saya mohon maaf seluruh rakyat Indonesia khusus masyarakat perikanan yang mungkin banyak yang terkhianati seolah-olah saya pencitraan, tapi tidak. Itu semangat,” kata Edhy di Gedung KPK, Jakarta, Rabu malam (25/11).

“Ini adalah kecelakaan dan saya bertanggung jawab,” sambungnya.

Edhy berjanji akan mematuhi proses hukum yang berjalan dan akan membeberkan apa yang telah dilakukannya hingga ditetapkan sebagai tersangka. Di kesempatan yang sama, Edhy meminta maaf kepada Presiden Joko Widodo serta Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

BACA JUGA:  Pemerintah Didorong untuk Pemberdayaan Produk Domestik Tekan Impor

Dia merasa telah mengkhianati kepercayaan yang telah diberikan. Edhy pun akan mengundurkan diri dari jabatan Menteri Kelautan dan Perikanan serta Wakil Ketua Umum Gerindra sebagai pertanggungjawaban.

“Dan saya mohon maaf kepada partai saya, saya dengan ini akan mengundurkan diri sebagai wakil ketua umum dan juga nanti saya akan mohon diri untuk tidak lagi menjabat sebagai menteri dan saya yakin prosesnya sudah berjalan saya akan hadapi dengan jiwa besar,” katanya.

BACA JUGA:  Vaksin Gratis untuk Semua Warga, Bukan Hanya BPJS

KPK menetapkan tujuh orang tersangka termasuk Edhy Prabowo dalam kasus dugaan suap ekspor benih lobster. Sebelum penetapan tersangka, KPK lebih dahulu melakukan operasi tangkap tangan di sejumlah lokasi, yakni Depok, Tangerang Selatan dan Bandara Soekarno Hatta.

“Tujuh tersangka atas nama EP, SAF, APM, SWD, AF, dan AM, dan sebagai pemberi SYD,” ucap Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango, di Gedung Merah Putih, Jakarta, Rabu (25/11).

(cnn/idn)

Share :

Baca Juga

Pekerja pemakaman beristirahat di TPU Pondok Ranggon, Jakarta. Foto/AFP/Adek Berry

NASIONAL

Jenazah Covid-19 Ditumpuk Akibat TPU Penuh
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto/MI

NASIONAL

Polisi Panggil Anies Terkait Acara Rizieq Langgar Prokes
Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Muhammad Taufik. Foto/Ist

NASIONAL

APBD Perubahan DKI 2020 Ditetapkan Rp63,23 Triliun
Tenaga kesehatan khusus menangani pasien covid-19. Foto/Antara

NASIONAL

Meski Tak Terima SMS, Semua Nakes Tetap Suntik Vaksin
Suasana MRT Jakarta. Foto/MI

NASIONAL

Operasional MRT Hanya Sampai Pukul 20.00 Mulai Besok
Rizieq Shihab. Foto/MI/Ramdani

NASIONAL

Sempat Mangkir, Polisi Kembali Panggil Rizieq Hari Ini
Kepadatan kendaraan roda empat dari arah Bogor menuju Jakarta di Jalan Tol Jagorawi, Cibubur, Jakarta Timur , Senin (1/5). Foto/ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

NASIONAL

Dipangkas 3 Hari, Total Libur Akhir Tahun Jadi Delapan Hari
Kantor KPK. Foto/Tirto

NASIONAL

Ubah Struktur Organisasi, KPK Buat 19 Jabatan Baru