Home / NASIONAL

Jumat, 15 Januari 2021 - 17:34 WIB

Usut Ekspor Benur, KPK Sita Tas dan Baju Mewah Edhy Prabowo

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo (tengah) mengenakan baju tahanan seusai diperiksa di Gedung KPK, Jakarta, Rabu 25 November 2020. Foto/ANTARA/ Indrianto Eko Suwarso

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo (tengah) mengenakan baju tahanan seusai diperiksa di Gedung KPK, Jakarta, Rabu 25 November 2020. Foto/ANTARA/ Indrianto Eko Suwarso

JAKARTA, BERITANUSA.id – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan penyitaan terhadap tas dan baju mewah milik mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo. Barang tersebut diduga dibeli dari hasil penerimaan suap perizinan ekspor benih lobster.

Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri menyebut proses penyitaan itu dilakukan pada Kamis (14/1), berbarengan Edhy Prabowo Edhy diperiksa penyidik. Edhy diperiksa dalam kapasitasnya sebagai tersangka penerima suap.

“Tersangka EP diperiksa sebagai tersangka, dilakukan penyitaan kepada yang bersangkutan terkait barang bukti,” ujar Ali saat dikonfirmasi melalui pesan singkat, Jumat (15/1).

“Di antaranya (yang disita) berbagai tas dan baju dengan merk ternama yang pembeliannya dilakukan saat berada di Amerika, sumber uang pembeliannya diduga dari jatah pengumpulan fee para eksportir benur,” sambungnya.

Selain Edhy Prabowo, pada hari yang sama penyidik juga memeriksa Kepala Dinas Perikanan dan Keluatan Kabupaten Kaur, Edwar Heppy. Pemeriksaan terhadap Edwar merupakan penjadwalan ulang karena tidak hadir pada 13 Januari 2021.

“Edwar Heppy (PNS) diperiksa sebagai saksi untuk tersangka SJT dkk. Dikonfirmasi mengenai pengetahuannya terkait proses perizinan usaha tambak di Wilayah Kabupaten Kaur, Bengkulu,” tuturnya.

Sebagai informasi, dalam perkara ini KPK menjerat Edhy Prabowo sebagai tersangka kasus dugaan suap ekspor benih lobster. Selain Edhy, ada enam orang lain yang ditetapkan sebagai tersangka.

(kpk)

Share :

Baca Juga

Sejumlah buruh dan mahasiswa tergabung dalam Gerakan Rakyat Menolak melakukan aksi unjuk rasa di Makassar, Sulsel. Foto: ANTARA FOTO/Arnas Padda

NASIONAL

Demo Buruh Berakhir Bila UU Ciptaker Dicabut
Ketua Harian Kompolnas, Benny Mamoto. Foto/Istimewa

NASIONAL

Kapolri Didukung Pecat Anggota Bila Terjerat Narkoba
Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) di kawasan Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Foto/MI

NASIONAL

DPRD DKI Panggil Sarana Jaya Soal Pengadaan Lahan
Tri Rismaharini menduduki jabatan baru sebagai Menteri Sosial RI. Foto/Instagram @tri.rismaharini

NASIONAL

Satu Tahun Pandemi Telah Banyak Makan Korban
Ilustrasi--Umat Katolik melaksanakan ibadah misa harian dengan menjaga jarak di Gereja Maria Ratu Damai, Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (20/3/2020). Foto/Antara

NASIONAL

Umat Kristiani Diminta Ibadah Natal di Rumah
Ilustrasi prostitusi. Foto/iStock

NASIONAL

Prostitusi Online Artis: Tarif Rp60 Juta, Sudah 1 Tahun Berkecimpung
Ilustrasi Kartu Prakerja. Foto/Beritanusaid

NASIONAL

Program Kartu Prakerja Gelombang 9 Dibuka Kapan?
Kondisi jalan di DKI Jakarta selama PSBB. Foto/Suara

NASIONAL

PSBB Transisi DKI Diperpanjang hingga 3 Januari 2021