Home / GLOBAL

Senin, 15 Maret 2021 - 10:40 WIB

Vaksin AstraZeneca Diklaim Aman dari Resiko Pembekuan Darah

Ilustrasi vaksin. Foto/Pixabay

Ilustrasi vaksin. Foto/Pixabay

JAKARTA, BERITANUSA.id – AstraZeneca memastikan vaksin Covid-19 produksinya aman dari resiko pembekuan darah. Hal itu berdasarkan tinjauan yang diambil dari 17 juta lebih orang yang sudah mendapatlan vaksin di Inggris serta negara-negara Uni Eropa.

“Tinjauan yang cermat terhadap semua data, tidak menunjukkan bukti peningkatan risiko emboli paru serta trombosis vena dalam atau trombositopenia, pada kategori usia, kelompok, dan jenis kelamin, di negara tertentu,” demikian pernyataan AstraZeneca seperti dilansir laman Reuters, Senin (15/3).

Sebelumnya, pihak berwenang di Irlandia, Denmark, Norwegia, dan Islandia menangguhkan penggunaan vaksin ini karena adanya kasus pembekuan darah pada penerima.

Austria bahkan menghentikan penggunaan vaksin AstraZeneca pekan lalu terkait adanya pengguna yang meninggal dunia akibat gangguan koagulasi.

Namun, Badan obat Eropa menyatakan tidak ada indikasi kejadian itu disebabkan oleh vaksin, hal serupa diungkapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Menurut AstraZeneca, sejauh ini ada 15 laporan trombosis vena serta 22 kasus emboli paru. Namun kejadian itu juga dialami para penerima vaksin Covid-19 merek lainnya.

AstraZeneca menegaskan, pengujian tambahan telah dan sedang dilakukan oleh perusahaan serta otoritas kesehatan Eropa dan hasilnya sejauh ini tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Vaksin yang dikembangkan bekerja sama dengan Universitas Oxford tersebut saat ini mendapat izin penggunaan di Uni Eropa dan banyak negara, namun belum di Amerika Serikat.

Perusahaan bersiap mengajukan otorisasi penggunaan darurat di AS dan berharap data hasil uji coba Fase 3 di negara itu akan keluar dalam beberapa pekan mendatang.

(sat/cov)

Share :

Baca Juga

Maskapai United Airlines. Foto/Istimewa

GLOBAL

Boeing 777 di Seluruh Dunia Dikandangkan Buntut Mesin Rusak
Presiden terpilih AS Joe Biden. Foto/Ist

GLOBAL

Joe Biden Dilantik Hari Ini, Sejumlah Tugas Berat Menanti
Ilustrasi penembakan. Foto/Ist

GLOBAL

Pelaku Penembakan Kedubes Saudi di Belanda Bermotif Teroris
Vaksin virus corona (Covid-19). Foto/Ist

GLOBAL

Warga Brasil Tolak Vaksin Corona Buatan China
Hujan salju di Arab Saudi. Foto/IstimewaHujan salju di Arab Saudi. Foto/Istimewa

GLOBAL

Hujan Salju Selimuti Arab Saudi
Ilustrasi perdagangan Indonesia. Foto/Ist

EKONOMI

RI Optimis Bisa Tingkatkan Perdagangan dengan AS
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Foto/Ist

GLOBAL

Presiden Erdogan Jadi Tokoh Muslim Berpengaruh di Dunia
Presiden Prancis Emmanuel Macron. Foto/AFP

GLOBAL

Presiden Prancis Positif Covid-19