Home / GLOBAL

Senin, 15 Maret 2021 - 10:40 WIB

Vaksin AstraZeneca Diklaim Aman dari Resiko Pembekuan Darah

Ilustrasi vaksin. Foto/Pixabay

Ilustrasi vaksin. Foto/Pixabay

JAKARTA, BERITANUSA.id – AstraZeneca memastikan vaksin Covid-19 produksinya aman dari resiko pembekuan darah. Hal itu berdasarkan tinjauan yang diambil dari 17 juta lebih orang yang sudah mendapatlan vaksin di Inggris serta negara-negara Uni Eropa.

“Tinjauan yang cermat terhadap semua data, tidak menunjukkan bukti peningkatan risiko emboli paru serta trombosis vena dalam atau trombositopenia, pada kategori usia, kelompok, dan jenis kelamin, di negara tertentu,” demikian pernyataan AstraZeneca seperti dilansir laman Reuters, Senin (15/3).

Sebelumnya, pihak berwenang di Irlandia, Denmark, Norwegia, dan Islandia menangguhkan penggunaan vaksin ini karena adanya kasus pembekuan darah pada penerima.

Austria bahkan menghentikan penggunaan vaksin AstraZeneca pekan lalu terkait adanya pengguna yang meninggal dunia akibat gangguan koagulasi.

Namun, Badan obat Eropa menyatakan tidak ada indikasi kejadian itu disebabkan oleh vaksin, hal serupa diungkapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Menurut AstraZeneca, sejauh ini ada 15 laporan trombosis vena serta 22 kasus emboli paru. Namun kejadian itu juga dialami para penerima vaksin Covid-19 merek lainnya.

AstraZeneca menegaskan, pengujian tambahan telah dan sedang dilakukan oleh perusahaan serta otoritas kesehatan Eropa dan hasilnya sejauh ini tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Vaksin yang dikembangkan bekerja sama dengan Universitas Oxford tersebut saat ini mendapat izin penggunaan di Uni Eropa dan banyak negara, namun belum di Amerika Serikat.

Perusahaan bersiap mengajukan otorisasi penggunaan darurat di AS dan berharap data hasil uji coba Fase 3 di negara itu akan keluar dalam beberapa pekan mendatang.

(sat/cov)

Share :

Baca Juga

Pemerintah Uni Emirat Arab (UEA) memutuskan menyematkan nama Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi nama sebuah jalan di Abu Dhabi. Foto/Ist

GLOBAL

Presiden Joko Widodo Jadi Nama Jalan di UEA
Bendera AS dan China berkibar berdampingan. Foto: AP/Andy Wong

GLOBAL

Sikap China akan Tegas dengan AS
Sekelompok warga dilaporkan berunjuk rasa di depan Kedutaan Besar Indonesia di Myanmar untuk memprotes sikap Jakarta yang diduga mendukung pemilihan umum ulang yang diserukan militer negara tersebut. Foto/Istimewa

GLOBAL

Disebut Dukung Pemilu Ulang, Kedubes RI di Myanmar Didemo
Ilustrasi vaksin virus Covid-19. Foto/IstIlustrasi vaksin virus Covid-19. Foto/Ist

GLOBAL

China Janjikan Vaksin Covid-19 kepada 5 Negara Asia Tenggara
Unjuk rasa karena Pemilu di Kyrgyzstan. Foto/Ist

GLOBAL

Pemilu Rusuh, PM Kyrgyzstan Mengundurkan Diri
PM Jepang Yoshihide-Suga. Foto/AFP

GLOBAL

Resmi Dilantik Jadi PM Jepang, Yoshihide Umumkan Nama Kabinet
Pengadilan Kamboja menjatuhkan vonis 25 tahun penjara bagi tokoh oposisi, Sam Rainsy, yang mengasingkan diri ke luar negeri. Foto/Reuters

GLOBAL

Kamboja Vonis Tokoh Oposisi 25 Tahun Penjara
Ilustrasi peretas. Foto/Ist

GLOBAL

AS: Target Peretas Asal Korut Incar Bank