Home / NASIONAL

Rabu, 22 Juli 2020 - 15:51 WIB

Vaksin Covid-19 Buatan Indonesia Diharapkan Segera Terealisasi

JAKARTA, BERITANUSA.id – Anggota Komisi IX DPR RI Lucy Kurniasari berharap vaksin Covid-19 asli buatan Indonesia segera dapat terealisasi. Kendati memerlukan dana yang cukup besar untuk memproduksi vaksin, Lucy menilai suatu kebanggaan bila Indonesia dapat menemukan vaksin Covid-19 dan digunakan di seluruh dunia.

“Namun biaya mahal itu tidak perlu dipersoalkan, karena hal ini terkait nyawa manusia yang perlu segera diselamatkan. Oleh karena itu saya masih berharap vaksin asli buatan Indonesia segera dapat terealisasi. Sebab, suatu kebanggaan bila Indonesia dapat menemukan vaksin Covid-19 dan digunakan di seluruh dunia,” ujar Lucy dalam siaran pers, Rabu (22/7).

Jika belakangan terdengar kabar telah hadir vaksin Covid-19 dari Sinovac, China, menurut politisi Partai Demokrat itu, hal tersebut tetap patut disyukuri. Meski vaksin tersebut kemudian tetap harus melalui uji klinis lagi di Indonesia, namun paling tidak harapan untuk dapat mengatasi pandemi Covid-19 sudah di depan mata.

“Uji klinis ini masih membutuhkan waktu dan biaya yang relatif mahal. Karena itu, kalau uji klinis ini berjalan lancar, maka tahun 2021 sudah dapat digunakan,” tambahnya. Namun, ia tetap berharap agar uji coba vaksin di Indonesia ini tidak mubazir, karena sudah banyak dilakukan dan sudah mengeluarkan biaya dan waktu yang tidak sedikit. Maka dari itu, ia berharap semua pekerjaan itu harus dituntaskan. (rls/dpr)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi kampus. Foto/Freepik

NASIONAL

Daftar Kampus RI Terbaik di Asia, UGM-UI Teratas
Ilustrasi sekolah PAUD. Foto/Ist

NASIONAL

Peserta Didik PAUD yang Terdaftar di Dapodik Akan Diberikan NISN
Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin. Foto/Antara

NASIONAL

Muhammadiyah Prediksi Pandemi Akan Terkendali pada 2022
Cuaca Jakarta. Foto/Antara

NASIONAL

BMKG: Hujan Deras Guyur Jakarta Siang Ini
Pemerintah memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro hingga 22 Maret 2021, dengan diperluas ke tiga provinsi di luar Jawa dan Bali. Foto/Antara

NASIONAL

PPKM Mikro Diperpanjang Lagi, Diperluas ke 3 Provinsi
Gunung Merapi mengeluarkan empat kali guguran lava pijar. Foto/Antara

NASIONAL

Masuki Fase Erupsi, Gunung Merapi Keluarkan Lava Pijar
Ilustrasi pembakaran. Foto/Pixabay

NASIONAL

10 Korban Tewas Kebakaran di Matraman Diduga Tertidur
Pengunjung mengenakan masker mengunjungi Pondok Indah Mall, Jakarta Selatan, Senin (15/6/2020). Foto/MI

NASIONAL

5 Aturan PSBB Ketat DKI Jakarta