Home / EKONOMI

Kamis, 28 Januari 2021 - 19:35 WIB

Vaksin Merah Putih Belum Masuk Anggaran Pemerintah

Vaksin covid-19. Foto/Antara

Vaksin covid-19. Foto/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – Pemerintah menegaskan telah menyiapkan semua kebutuhan untuk menyukseskan program vaksinasi covid-19, termasuk dalam hal pembiayaan. Namun, Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengatakan pembiayaan itu fokus pada vaksin-vaksin impor dari perusahaan farmasi luar negeri.

Sementara, ia mengisyaratkan vaksin merah putih yang akan diproduksi di dalam negeri masih dalam proses uji coba. Artinya, belum ada anggaran yang diberikan untuk vaksin merah putih.

“Mungkin pada saat ini (vaksin merah putih) belum termasuk dalam radar yang langsung kita vaksin-kan karena masih dalam proses mengidentifikasikan dan mewujudkan vaksin tersebut,” ucapnya dalam BRI Group Economic Forum 2021, Kamis (28/1).

Meski demikian, Suahasil menuturkan pemerintah tetap mendukung penuh kelahiran vaksin merah putih dengan seluruh protokol yang diperlukan.

Di sisi lain, proses vaksinasi juga terus berjalan agar pemerintah bisa mengatasi pandemi lebih cepat.”Kita tidak bisa menunggu vaksin merah putih. Kita akan menggunakan vaksin yang ada,” jelasnya.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan anggaran untuk vaksin covid-19 diestimasikan sebesar Rp73,3 triliun. Namun, angka itu berpotensi meningkat, seiring dengan harga vaksin yang mengalami kenaikan.

Sebab, negara-negara kaya mulai memborong semua ketersediaan vaksin corona. “Mulai terjadi kenaikan harga vaksin. Sebab, orang-orang negara kaya memborong semua dan orang-orang kaya di negara kaya mulai memborong sendiri,” terang dia.

Indonesia, lanjut Ani, akan mengamankan 663,5 juta dosis vaksin untuk melakukan vaksinasi gratis dan mencapai target herd immunity. “Jangka waktu yang Presiden harapkan dapat selesai 2021, meski sebetulnya 15 bulan,” tegasnya.

(cnn/eko)

Share :

Baca Juga

Sejumlah peserta mengikuti ujian tulis berbasis komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Universitas Indonesia. Foto/Antara

EKONOMI

Syarat Seleksi Masuk STAN Harus Ikut UTBK
Kantor Kementerian keuangan. Foto/Gatra

EKONOMI

Penjualan ORI019, Negara Raup Dana Rp26 Triliun
Pemberian insentif kepada peserta pelatihan Kartu Prakerja tetap sama yakni Rp2.400.000 yang akan diberikan selama empat bulan. Foto/Antara

EKONOMI

Pendaftaran Prakerja Gelombang 12 Segera Dibuka
Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi. Foto/BPMI

EKONOMI

Jokowi Ajak Cintai Produk Lokal, Mendag: Nilai Tambah
Ilustrasi -- Pulau Setabok, Kecamatan Sapeken, Madura, Jawa Timur. Foto/Tourkangeanwisata

EKONOMI

Pulau di Lombok Barat Dijual via Situs Online
Menteri BUMN Erick Thohir. Foto/Antara

EKONOMI

Erick Thohir Copot Dua Direksi PT KAI
Menteri Ketengakerjaan Ida Fauziyah. Foto/MI

EKONOMI

BLT Subsidi Gaji Diperpanjang hingga 2021
Presiden RI Joko Widodo. Foto/BPMI Setpres

EKONOMI

UMKM Jangan Menyerah