Home / NASIONAL

Jumat, 29 Januari 2021 - 13:37 WIB

Vaksin Merah Putih Diharapkan Dapat Izin Darurat Akhir 2021

Bambang Brodjonegoro. Foto/Antara

Bambang Brodjonegoro. Foto/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang Brodjonegoro mengharapkan vaksin Merah Putih yang sedang dikembangkan bisa mendapat izin penggunaan darurat (emergency use authorization/EUA) pada akhir tahun 2021.

Hal tersebut disampaikannya dalam Rapat Koordinasi Riset dan Inovasi Nasional Tahun 2021 di Kawasan Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek), Serpong, Tangerang Selatan, Provinsi Banten, Kamis (28/1).

“Harapannya akhir tahun ini atau awal tahun depan sudah bisa mendapatkan izin penggunaan darurat setelah melalui uji klinis tahap 1, 2, 3 dan sudah diproduksi dan akhirnya bisa dipakai untuk vaksinasi,” ungkap Menristek Bambang

Bambang juga mengatakan, bibit vaksin Merah Putih akan diserahkan kepada PT Bio Farma pada Maret 2021 sehingga BUMN Farmasi itu bisa melanjutkan prosesnya menuju tahapan-tahapan selanjutnya termasuk di antaranya uji klinis.

Menurut dia, peranan vaksin Merah Putih penting untuk menjaga kesinambungan dari terciptanya kekebalan kelompok (herd immunity) dan memenuhi kebutuhan vaksin Covid-19 di masa datang.

“Mengingat kemungkinan daya tahan tubuh yang ditimbulkan oleh vaksin Covid-19 dari berbagai perusahaan tidak akan bertahan selamanya di tubuh kita, sehingga ada kemungkinan diperlukan vaksinasi ulang atau booster,” tuturnya.

“(Vaksinasi ulang) yang mungkin dilakukan apakah tahun depan atau dua tahun lagi dan pada waktu itu pada waktu tahapan vaksinasi ulang maupun tahapan ‘booster’ kita harapkan di situlah vaksin Merah Putih sudah memegang kendali,” sambungnya.

Bambang menyatakan pengembangan vaksin Merah Putih juga penting untuk menciptakan kemandirian bangsa terhadap vaksin. Kemandirian vaksin penting dalam mengembangkan kebijakan kesehatan yang sifatnya preventif.

(*)

Share :

Baca Juga

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi DKI Jakarta menggelar rapat Paripurna penetapan Raperda tentang APBD Provinsi DKI Jakarta Tahun Anggaran 2021 menjadi Perda, Senin (7/12). Foto/DPRD DKI

NASIONAL

DPRD dan Pemprov DKI Setujui APBD 2021 Rp84,19 T
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran saat jumpa Pers di Polda Metro Jaya, Senin (7/12/2020). Foto/Jawa Pos

NASIONAL

Kapolda Metro Minta Maaf Soal Bripka CS Tembak Prajurit TNI
Foto: kawanbaikkomodo via Instagram kupang.now

NASIONAL

Rencana Proyek ‘Jurassic Park’ di NTT Dapat Banyak Kecaman
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (kiri). Foto/Antara

NASIONAL

Pemprov DKI Siapkan Rp5 Triliun untuk Normalisasi Sungai
Kapolri Jenderal Idham Azis saat memimpin Sertijab Pati Polri. Foto/Ist

NASIONAL

Kapolri Naikkan Pangkat 46 Jenderal Perwira Tinggi
Peserta mengikuti UTBK-SMBTN di Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Pondok Labu, Jakarta, Senin (6/7). Foto/MI

NASIONAL

LTMPT Beri Waktu Sampai 15 Januari Urus Kendala Data
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan Presiden Recep Tayyip Erdogan. Foto: Ist

EKONOMI

Indonesia-Turki akan Perkuat Kerjasama di Berbagai Sektor
Tim Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri mengungkap jaringan pemasok narkotika jenis ganja yang biasanya disalurkan ke lembaga pemasyarakatan (lapas) di Sumatera Barat. Foto/Polri

NASIONAL

Bareskrim Polri Bongkar Jaringan Pemasok Ganja ke Lapas