Home / NASIONAL

Kamis, 7 Januari 2021 - 13:34 WIB

Vaksinasi 1,6 Juta Nakes Ditargetkan Selesai Februari

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Foto/Setpres

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Foto/Setpres

JAKARTA, BERITANUSA.id – Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin menyebut tahap pertama program vaksinasi bagi tenaga kesehatan ditargetkan sebanyak 1,6 juta. Pelaksanaannya diperkirakan selesai paling lambat Februari 2021.

“Tahap pertama yang 1,6 juta tenaga kerja kesehatan ini kami rencanakan selesai di bulan Januari dan Februari,” ujar Menkes Budi Gunadi dalam konferensi pers seusai rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo dan para gubernur, Rabu (6/1).

Untuk tahap selanjutnya, kata Budi, Kemenkes menargetkan jumlah vaksinasi lebih besar. Rencananya, tahap ini akan dimulai bulan Maret atau April 2021.

“Tahapan berikutnya yang lebih besar yaitu tahapan untuk 17,4 juta tenaga layanan publik dan 21,5 juta rakyat dengan usia lanjut. Nah kami harapkan bisa kita mulai di bulan Maret atau April tahun ini juga,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Budi juga menyampaikan sebanyak 1,2 juta vaksin Covid-19 mulai disalurkan ke daerah. Diketahui, pengiriman vaksin ini sudah dilaksanakan sejak hari Minggu (3/1) lalu.

“Alhamdulillah, di Minggu malam kami sudah mulai mengirimkan 1,2 juta vaksin ke 34 provinsi di seluruh Indonesia. Kami harapkan vaksinnya dikirim bertahap mulai tanggal 3, 4 dan 5 bisa selesai. Didistribusikan paling lambat tanggal 7 Januari di 34 provinsi seluruh Indonesia,” tukasnya.

Program vaksinasi Covid-19 rencananya akan dilakukan pada pekan kedua bulan Januari 2021. Namun, kata Budi, pelaksanaannya masih menunggu izin BPOM untuk penggunaan vaksin.

(pmj)

Share :

Baca Juga

Vaksin virus Corona. Foto/Ist

NASIONAL

5 Negara Terlibat Proses Uji Klinis Tahap Ketiga Vaksin Covid
Vaksin sionvac dinilai Badan Pengawas Obat dan Makan (BPOM) terbuat dari bahan yang aman untuk manusia. Foto/Antara

NASIONAL

BPOM Pastikan Vaksin Sinovac Aman
Gedung Asabri. Foto/Istimewa

NASIONAL

Kejagung Gelar Perkara Dugaan Korupsi Asabri Minggu Depan
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dalam Rapim TNI-Polri. Foto/dok Polri

NASIONAL

Kapolri Perintahkan Jajaran Tindak Tegas Mafia Tanah
Tim SAR gabungan menemukan beberapa puing yang diduga berasal dari pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta. Foto/Pikiran Rakyat

NASIONAL

Daftar Temuan Pencarian Sriwijaya Air SJ 182 Hari Kedua
Sebagian besar SPBU di Pantura Jateng sudah tidak jualan Premium. Foto/Antara

NASIONAL

Penjualan Premium di Jawa-Bali Dihentikan per 1 Januari 2021
Aksi unjuk rasa penolakan omnibus law Undang-Undang Cipta Kerja (Ciptaker) berlangsung di sejumlah kota pada 20 Oktober 2020. Foto/Antara

NASIONAL

Ramai-ramai Tolak Omnibus Law, dari Jakarta hingga Surabaya
Presiden Joko Widodo telah disuntik vaksin Covid-19 untuk yang pertama kali di Indonesia bersama sejumlah pejabat tinggi negara, kepala lembaga, tokoh agama hingga tokoh masyakarat di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (13/1). Foto/Setneg

NASIONAL

Jokowi Usai Vaksin: Terima Kasih untuk Para Peserta Penerima