Home / NASIONAL

Senin, 28 Desember 2020 - 09:23 WIB

Viral, Perawat dan Pasien Asusila di Wisma Atlet

Wisma Atlet Kemayoran. Foto/Berita Satu

Wisma Atlet Kemayoran. Foto/Berita Satu

JAKARTA, BERITANUSA.id – Dua terduga pelaku tindakan mesum atau asusila di RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat ditangkap oleh Kodam Jaya selaku Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) dan Satgas PDMPK Covid 19. Mereka kini telah ditangani pihak Kepolisian.

Kapendam Jaya Letkol Arh Herwin BS mengonfirmasi telah terjadi tindakan asusila antara seorang pasien Covid-19 yang diisolasi di Wisma Atlet dengan tenaga kesehatan.

“Perbuatan keduanya sungguh sangat disesalkan, mereka telah melanggar norma susila , dampak dari perbuatan mereka berisiko terhadap penularan virus kepada tenaga kesehatan lain,” ujar Herwin dalam keterangannya, Sabtu (26/12).

Lebih lanjut, Herwin menjelaskan saat ini Kodam Jaya selaku Kogasgabpad pelaksana operasional RSD Wisma Atlet telah mengamankan kedua terduga pelaku mesum di Wisma Atlet tersebut.

“Pelaksana operasional RSD Wisma Atlet telah menangkap kedua terduga pelaku, melakukan PCR Test, dan apabila hasilnya negatif akan menyerahkan kepada pihak kepolisian untuk diambil langkah hukum,” kata Herwin.

Selain itu, ia menegaskan atas kejadian ini maka manajemen RSD Wisma Atlet akan memperbaiki pengawasan kepada para penghuni wisma atlet.

“Kami juga akan mengevaluasi proses rekrutmen relawan medis sebagai bentuk antisipasi,” tambah Herwin.

“Ke depan, kami juga akan lebih meningkatkan standar prosedur operasianal (SOP) RSD Wisma Atlet termasuk dalam pengawasan kegiatan dan di setiap Tower serta memonitor pelaksanaan pelayanan kesehatan,” imbuhnya.

Masih berstatus saksi

Polisi telah rampung melaksanakan gelar perkara dan meningkatkan kasus dugaan mesum atau asusila di Rumah Sakit Darurat (RSD) Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, ke tahap penyidikan.

“Memang mengarah ke arah tersangka ya yang pasien Covid-19 nya, tapi ini masih naik tahap penyidikan. Semua masih saksi,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus, Minggu (27/12).

Dalam kasus ini polisi rencananya akan memeriksa dua pelaku asusila yakni pasien dan tenaga kesehatan. Namun, sejauh ini pemeriksaan baru dilakukan terhadap tenaga kesehatan.

Satu lagi, pasien Covid-19 yang melakukan asusila belum diperiksa karena masih dinyatakan positif covid-19 dan dirawat di RSD Wisma Atlet.

Yusri menjelaskan, pasien covid-19 tersebut dilaporkan atas dugaan penyebaran konten asusila yang terjadi di tiga akun media sosial.

“Pasien covid-19 karena dia adalah penyebarnya. Yang dilaporkan adalah penyebar akun, ada tiga akun yang disebarkan video porno ini,” jelas Yusri.

“Sangkaannya belum tapi ya ke UU ITE ya,” imbuhnya.

Adapun tenaga kesehatan yang diduga ikut melakukan tindakan asusila dengan pasien covid-19 masih menjadi saksi. Yusri menyebut, pihaknya juga telah rampung melakukan klarifikasi kasus ini kepada tenaga kesehatan tersebut.

Tenaga kesehatan itu pun telah dinyatakan negatif covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan. Sementara surat tanda registrasi (STR) perawat pria juga telah dinonaktifkan karena dinilai melanggar kode etik profesi.

Sebelumnya, viral dugaan tindakan asusila yang dilakukan pelaku LGBT antara pasien Covid-19 yang diisolasi di Wisma Atlet dengan salah satu tenaga kesehatan yang bertugas di sana.

Kabar perihal pasien dan perawat yang melakukan kegiatan mesum sesama jenis di salah satu tower di Wisma Atlet pertama kali viral di media sosial twitter. Hal ini diketahui dari tangkapan layar percakapan via aplikasi bertukar pesan, Whatssapp antara pasien dan perawat tersebut.

Wisma Atlet merupakan rumah sakit darurat yang diperuntukkan bagi pasien Covid-19 tanpa gejala atau dengan gejala ringan. Belakangan dengan terus melonjaknya angka kasus covid-19, rumah sakit darurat tersebut tak lagi menerima pasien tanpa gejala.

(cnn/heq)

Share :

Baca Juga

Gunung merapi erupsi. Foto/ANTARA/Hendra Nurdiyansyah

NASIONAL

Merapi Semburkan Lava Pijar 26 Kali Selama 6 Jam
DKI Jakarta diguyur hujan dengan intensitas tinggi. Foto/Ist

NASIONAL

BMKG: Potensi Hujan Lebat di Seluruh Indonesia Selama Sepekan
Rizieq Shihab. Foto/MI/Ramdani

NASIONAL

Sempat Mangkir, Polisi Kembali Panggil Rizieq Hari Ini

NASIONAL

Sektor Pendidikan Tak Tersentuh Anggaran Covid-19
Ilustrasi Covid-19 di Jakarta. Foto/Antara

NASIONAL

Update Corona 27 Januari: Tambah 11.948, Positif 1.024.298
KSPN Mandalika Lombok. Foto/Kementerian PUPR

NASIONAL

Demi MotoGP 2021, PUPR Terus Bangun Infrastuktur di Mandalika
Gedung Kementerian ESDM. Ist

NASIONAL

Kementerian ESDM Diminta Tingkatkan Program yang Pro Rakyat
Vaksin covid-19 produksi Sinovac. Foto/AFP

NASIONAL

Bio Farma Targetkan Produksi 250 Juta Dosis Vaksin Setahun