Home / NASIONAL

Jumat, 26 Februari 2021 - 14:35 WIB

Wapres RI Targetkan 1 Juta Warga Suntik Vaksin Per Hari

Vaksinator melakukan penyuntikan kepada peserta vaksinasi COVID-19 untuk tenaga kesehatan (nakes) di RSPP. Foto/Antara

Vaksinator melakukan penyuntikan kepada peserta vaksinasi COVID-19 untuk tenaga kesehatan (nakes) di RSPP. Foto/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyatakan pemerintah menargetkan 1 juta orang disuntik vaksin virus corona (Covid-19) per hari. Target dicanangkan guna mencapai target utama, yakni 182 juta penduduk Indonesia disuntik vaksin dalam kurun waktu 15 bulan.

“Nah karena itu makin hari makin naik, makin hari makin naik, dan target kita adalah 1 juta per hari. Ini harus dicapai dan ini juga permintaan Presiden supaya itu diperoleh,” kata Ma’ruf dalam sebuah rekaman wawancara yang diterbitkan Setwapres, Kamis (25/2).

Ma’ruf berharap target tersebut bisa dicapai agar bisa tercipta kekebalan komunitas (herd immunity) bagi penduduk Indonesia kurang dari satu tahun.

Dia mengungkapkan pemerintah terus berupaya untuk mempercepat program vaksinasi Covid-19. Di diantaranya dengan menyederhanakan prosedur teknis seperti registrasi, distribusi, dan data penerima vaksin.

“Tidak hanya di Rumah Sakit pemerintah, namun Rumah Sakit swasta pun dilibatkan, dan sejumlah tempat lain yang akan difungsikan. Bahkan di Jawa Barat itu bukan hanya Puskesmas, tapi juga semacam pos-pos ya, gedung-gedung yang punya pemerintah itu digunakan untuk melakukan vaksinasi,” kata dia.

Pemerintah, lanjutnya, juga berupaya menambah jumlah vaksin melalui percepatan produksi yang dibuat di dalam negeri. Tak hanya itu, vaksinator dan tempat fasilitas vaksinasi juga turut diperbanyak.

Selain itu, Ma’ruf mengklaim kelompok-kelompok yang anti terhadap vaksin makin sedikit. Dia berkaca dari animo masyarakat yang berbondong-bondong untuk ikut divaksin tiap harinya.

Ma’ruf ikut memantau bahwa di pelbagai tempat kerap terjadi antrean panjang masyarakat yang ingin divaksin. Ia yakin bahwa masyarakat mendukung program vaksinasi ini.

“Karena itu saya mengajak orang yang seusia dengan saya ini (untuk melakukan vaksinasi Covid-19), sekarang malah membeludak,” kata dia.

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

NASIONAL

Pemerintah Perlu Ambil Langkah Taktis Hadapi Rendahnya Pertumbuhan Ekonomi
Ilustrasi - Seorang relawan mencoba pelindung wajah (Face Shield) disela-sela pembuatan alat tersebut, di Jakarta, Senin (6/4). Foto/ANTARA

NASIONAL

Update Corona 26 Februari: Tambah 8.232, Positif 1.322.866
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto/Antara

NASIONAL

PPKM Mikro Diharapkan Bangun Kesadaran Prokes Skala Kampung
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto/Ist

NASIONAL

Bioskop di Jakarta Dalam Waktu Dekat akan Dibuka
Simulasi penanganan pasien covid-19. Foto/Antara

KESEHATAN

Kemenkes Ungkap Alasan Biaya Pasien Covid Rp184 Juta
Foto udara renovasi Masjid Istiqlal di Jakarta, Selasa (28/1/2020). Berdasarkan data PT Waskita Karya (Persero) Tbk. Foto/Antara

NASIONAL

Jokowi Resmikan Renovasi Masjid Istiqlal Senilai Rp511 M
Gedung Asabri. Foto/Istimewa

NASIONAL

Kejagung Gelar Perkara Dugaan Korupsi Asabri Minggu Depan
Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Rosan Roeslani. Foto: Istimewa

NASIONAL

Ada 30 Juta UMKM Tutup di Masa Pandemi