Home / NASIONAL

Kamis, 18 Februari 2021 - 19:10 WIB

Wapres: Suntik Vaksin Saat Ramadhan, Tak Batalkan Puasa

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menerima suntik vaksin Covid-19 di kediaman resmi Wapres, Jalan Diponegoro, Jakarta, 17 Februari 2021. Foto/dok Setwapres RI

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menerima suntik vaksin Covid-19 di kediaman resmi Wapres, Jalan Diponegoro, Jakarta, 17 Februari 2021. Foto/dok Setwapres RI

JAKARTA, BERITANUSA.id – Vaksinasi Covid-19 yang gencar dilakukan pemerintah harus terus berjalan. Ini demi membuat masyarakat Indonesia sehat dan terhindar dari virus tersebut. Lalu bagaimana hukumnya di bulan Ramadhan (puasa) mendatang?

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin mengatakan, meski memasuki bulan puasa, vaksin Covid-19 tidak masalah untuk terus dilakukan (disuntikkan ke warga). Menurutnya, pemberian vaksin melalui suntikkan ke kulit, bukan melalui lubang hidung atau pun mulut.

“Nggak apa-apa, karena itu bukan masuk dari lubang, kalau dari hidung lubang mulut, nah ini kan nggak,” jelas Ma’ruf Amin.

Kyai dari Nahdlatul Ulama (NU) ini menjelaskan lebih detail tentang hukum Islam penyuntikan vaksin Covid-19 kepada orang yang berpuasa.

Ma’ruf menuturkan, untuk mendapatkan kekebalan kelompok atau herd immunity, vaksinasi ini harus diikuti oleh 70 persen warga atau sekitar 182 juta orang. Hukum vaksinasi adalah fardu kifayah.

“Saya kan sudah bilang kalau pandangan agama itu wajib, fardu kifayah, kalau belum tercapai itu dosanya belum hilang sampai dengan 182 juta itu baru gugur,” ungkap mantan Ketua MUI ini.

(set/pre)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi bahan pokok. Foto/Ist

NASIONAL

Semua Harga Bahan Pokok Naik Akhir September
Ketua Umum Perkumpulan Pengusaha Rakyat Nusantara (Pusatnusa) Parluhutan Simanjuntak

NASIONAL

Ketua Umum Pusatnusa: Kedaulatan Bangsa Ini Kembali Diuji oleh Vaksin Covid-19
Spanduk sosialisasi cegah virus korona di Jakarta. Foto/MI/Bary Fathahilah

NASIONAL

Pesta Tahun Baru Dilarang, Masuk DKI Wajib Rapid Test
ilustrasi penembakan. Foto/Istimewa

NASIONAL

Prajurit TNI Gugur Dalam Baku Tembak dengan KKB Papua
Kemacetan di jalan protokol di Jakarta. Foto/MI

NASIONAL

Anies Pamer Macet DKI Turun, DPRD Sebut Karena Covid
Ilustrasi Maybank. Foto/Ist

EKONOMI

Opsi Penggantian Tabungan Raib Rp22 M oleh Maybank
Imam Besar FPI Rizieq Shihab. Foto/Liputan6

NASIONAL

Usut Kematian 6 Laskar FPI, Rizieq Minta Jokowi Turun Tangan
Petugas menyemprotkan disinfektan ke kontainer berisi vaksin Sinovac saat tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu (6/12/2020). Foto/Antara

NASIONAL

15 Juta Dosis Bahan Baku Vaksin Tiba di Soetta