Home / NASIONAL

Kamis, 4 Maret 2021 - 16:29 WIB

Warga Diminta Tak Unggah Sertifikat Vaksinasi ke Medsos

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menargetkan sebanyak 1.200 orang disuntik per hari dalam vaksinasi massal, di Masjid Istiqlal, DKI Jakarta. Foto/Setneg

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menargetkan sebanyak 1.200 orang disuntik per hari dalam vaksinasi massal, di Masjid Istiqlal, DKI Jakarta. Foto/Setneg

JAKARTA, BERITANUSA.id – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate mengingatkan kepada para penerima vaksin untuk tidak menggungah atau membagikan sertifikat vaksin ke media sosial, apalagi membagikannya secara sembarangan.

Menurut Johnny, dalam kartu tersebut terdapat informasi mengenai identitas dan tanggal vaksinasi. Bahkan dalam sertifikat vaksin ini tertera QR Code yang bersifat rahasia.

“Terkait privasi data, masyarakat agar tidak sembarangan membagikan sertifikat vaksin Covid-19 atau tiket vaksinasi yang mengandung kode QR ke media sosial,” jelas Johnny Plate dalam pesan singkatnya, Kamis (4/3).

Johnny mengatakan, ketika seseorang menggunggah kartu vaksinasi di medsos dikhawatirkan bisa disalahgunakan pihak lain. Pasalnya, dalam kartu tersebut terdapat nama, tanggal lahir hingga nomor induk kependudukan.

“Pada prinsipnya, informasi terkait kesehatan seperti informasi penyakit yang diderita, riwayat kesehatan, adalah informasi pribadi. Maka, informasi ini selayaknya tidak dipublikasikan secara tidak perlu,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Johnny menyarankan agar penerima vaksin lebih bijak saat menggunakan media sosial. Demi keamanan dan kerahasian data, sebaiknya kartu dikunakan untuk kepentingan yang sudah diotorisasi.

Salah satunya digunakan untuk laporan kesehatan karyawan di sebuah perusahaan atau ketika menggunakan layanan kesehatan atau transportasi umum.

(kom/inf)

Share :

Baca Juga

Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo. Foto/Ist

NASIONAL

Pembatasan Transportasi Publik Saat PSBB Tahap Kedua
Artis Gisella Anastasia atau Gisel. Foto/Ist

NASIONAL

Berkas P-19, Sidang Kasus Video Mesum Gisel Ditunda
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Foto/Antara

NASIONAL

Perayaan Imlek, Wapres Minta Pemuka Agama Serukan Prokes
Ilustrasi batik. Foto/Ist

NASIONAL

Sejarah Peringatan Hari Batik Nasional 2 Oktober
Ilustrasi vaksin Covid-19. Foto/Science in HD

NASIONAL

10 Juta Dosis Vaksin Sinovac Tahap Kelima Tiba di RI
Presiden RI Jokowi lantik 20 duta besar untuk negara sahabat. Foto: BPMI Setpres/Kris

NASIONAL

Presiden Jokowi Lantik 20 Dubes RI

NASIONAL

Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi, Pemerintah Dorong Lima Sektor Prioritas
Ahmad Riza Patria, Wakil Gubernur DKI Jakarta memberikan sambutan di ruangan Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Rabu (18/11/2020). Foto/Kompascom

NASIONAL

Tolak Vaksin di DKI Terancam Tak Dapat Bansos dan Denda Rp5 Juta