Home / KESEHATAN

Jumat, 26 Maret 2021 - 12:03 WIB

Waspada, 5 Gejala Seseorang Menderita Penyakit Serius

Ilustrasi tidak nafsu makan. Foto/Istimewa

Ilustrasi tidak nafsu makan. Foto/Istimewa

JAKARTA, BERITANUSA.id – Gejala atau tanda awal seseorang menderita penyakit serius memang terkadang terabaikan. Padahal, kondisi medis tersebut bisa saja menyebabkan resiko tingkat keparahan, termasuk kematian.

Sebagai contoh, ketika seseorang secara tiba-tiba mengalami nyeri dada di bagian tengah, lalu muntah, berkeringat, pucat dan kolaps, kemungkinan besar ia terkena serangan jantung.

Seperti dilansir dari laman Eat This, Jumat (26/3), berikut beberapa gejala atau tanda penyakit kronis yang perlu diwaspadai.

1. Haus yang terus-menerus

Jika Anda merasa haus sepanjang waktu, dan minum lebih dari 25 gelas per hari itu disebut polidipsia. Anda juga mungkin akan sering keluar masuk toilet untuk buang air kecil.

2. Merasa dingin

Jika Anda merasa dingin padahal cuaca sedang panas, waspadalah. Itu mungkin disebabkan oleh hipotiroidisme (tiroid yang kurang aktif). Sekitar 1 dari 10 wanita memiliki beberapa bukti hipotiroidisme. Ini juga terkait dengan kelelahan, kelesuan, dan sembelit.

Merasa dingin juga bisa menjadi tanda penyakit lain seperti anemia, stres kronis, hingga efek samping diet ekstrim. Pada kasus yang lebih ekstrim, penderita anoreksia nervosa juga sering merasa kedinginan.

3. Penurunan berat badan secara drastis

Jika Anda mendapati berat badan Anda turun tanpa alasan yang jelas, ini harus diwaspadai. Penurunan berat badan yang drastis dan tidak memiliki alasan jelas, seringkali menimbulkan masalah kesehatan yang serius.

4. Tidak nafsu makan

Kehilangan nafsu makan cukup umum terjadi seiring bertambahnya usia. Namun bagi kalian yang muda, kehilangan nafsu makan bisa dipicu oleh depresi. Tidak nafsu makan secara umum juga bisa disebabkan oleh penyakit kronis lainnya atau bahkan menandakan demensia.

5. Sering lupa atau bingung

Jika Anda sering mengeluh lupa atau bingung jangan anggap sepele bisa jadi itu gejala suatu penyakit seperti demensia. Tapi untuk lebih jelasnya Anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk menjalani tes lanjutan, sehingga bisa ditangani dengan tepat.

(eat/thi)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi orang di depan laptop. Ist

KESEHATAN

Mata Pegal Karena Di Depan Laptop, Coba 6 Latihan Senam Mata
Ilustrasi kesemutan saat olahraga. Foto/Ist

KESEHATAN

Sering Kesemutan saat Olahraga? Cegah Dengan Ini
Ilustrasi kopi kayus manis. Foto/Freepik

KESEHATAN

4 Minuman Sehat yang Bikin Hangat Tubuh Saat Musim Hujan
Ilustrasi minum soda. Foto/Istimewa

KESEHATAN

5 Bahaya Keseringan Minum Soda
Ilustrasi vitamin. Foto/Ist

KESEHATAN

5 Saran Kesehatan yang Tak Perlu Diikuti
Ilustrasi menu sarapan pagi. Foto/Pixabay

KESEHATAN

5 Khasiat Sarapan Pagi untuk Kesehatan
Petugas kesehatan mempersiapkan vaksin COVID-19 saat simulasi pelayanan vaksinasi di Puskesmas Kemaraya, Kendari, Sulawesi Tenggara. Foto/Antara

KESEHATAN

Dosis Kedua Vaksinasi Covid Sebaiknya Tepat Waktu
Ilustrasi bawang merah. Foto/Istimewa

KESEHATAN

3 Bahan Alami Atasi Iritasi Kulit Akibat Banjir