Home / NASIONAL

Jumat, 26 Februari 2021 - 15:01 WIB

Waspada Cuaca Ekstrem Akibat Siklon Tropis 27 Februari

Ilustrasi/Antara

Ilustrasi/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi potensi bibit siklon yang dapat menjadi bibit siklon tropis di perairan sekitar selatan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kondisi tersebut menurut Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto, memungkinkan berpengaruh pada potensi terjadinya cuaca ekstrem berupa hujan lebat disertai kilat atau petir di sebagian besar wilayah Pulau Jawa.

Dia pun membeberkan prakiraan untuk wilayah Jabodetabek, potensi cuaca ekstrem itu akan berdampak signifikan dan diprediksi terjadi mulai 24 Februari kemarin hingga Sabtu (27/2) besok.

“Kejadian hujan di wilayah Jabodetabek pada periode tersebut perlu diwaspadai, terutama pada malam/dini hari menjelang pagi dengan potensi distribusi hujan merata,” terang Guswanto dalam keterangan tertulisnya di laman resmi BMKG, Jumat (26/2).

Dalam keterangannya, Guswanto juga mengatakan, untuk periode hingga 28 Februari, BMKG memperkirakan potensi cuaca ekstrem dan curah hujan dengan intensitas lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi di beberapa wilayah.

Di antaranya Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Bengkulu, Lampung, Banten, DKI Jakarta. Kemudian Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali. Berikutnya Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara.

Daerah lain adalah Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Selain itu, Guswanto menuturkan, bibit siklon tropis ini juga berpotensi menyebabkan gelombang tinggi di beberapa wilayah perairan Indonesia.

Gelombang dengan ketinggian 4 hingga 6 meter atau kategori sangat tinggi berpeluang terjadi di Samudera Hindia Barat Lampung, Samudera Hindia Selatan Jawa Hingga Bali.

“Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem dan dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin,” rinci Guswanto.

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

Mentan-RI Syahrul Yasin Limpo. Foto/Kementan

NASIONAL

Mentan Akui Pertanian di Indramayu Terbaik Nasional
Ilustrasi vaksin virus Covid-19. Foto/IstIlustrasi vaksin virus Covid-19. Foto/Ist

NASIONAL

Update Kasus Corona 11 September: 210.940 Positif, 150.217 Sembuh
Presiden Joko Widodo. Foto/Antara

NASIONAL

Jokowi Suntik Vaksin Corona Besok, Istana Siarkan Live Streaming
Siswa STM/SMA sedang berpose di Jalan Tol mengarah ke Senayan, bertujuan melakukan aksi demo penolakan sejumlah RUU di Gedung DPR, pada Rabu, 25 September 2019. Foto/Tagar

NASIONAL

171 Pelajar Ditangkap Polda Metro Jaya saat Demo 20 Oktober
Ilustrasi bangunan sekolah rusak. Foto/AyoBandung

NASIONAL

Bangunan Rusak Imbas Gempa M 7,0 Sulut
Sistem ganjil genap Jakarta. Foto: Istimewa

NASIONAL

Penerapan Tilang Ganjil-Genap Mulai Berlaku Hari Ini

NASIONAL

Program Subsidi Upah Layak Didukung Untuk Gerakkan Ekonomi
Penumpang menunggu bus TransJakarta di Halte TransJakarta Pasar Baru Timur, Jakarta, Selasa (10/9). Foto/MI/Bary Fathahillah

NASIONAL

Imbas Demo Buruh, Transjakarta Ubah Rute Blok M-Kota