Home / KESEHATAN

Jumat, 29 Januari 2021 - 12:13 WIB

Waspada, Radiasi Ponsel Bisa Picu Sakit Kepala

Efek radiasi ponsel. Foto/Istimewa

Efek radiasi ponsel. Foto/Istimewa

JAKARTA, BERITANUSA.id – Smartphone atau ponsel pintar telah menjadi bagian hidup manusia saat ini. Bukan hanya sebagai alat komunikasi, tapi juga menjadi alat kerja dan entertainment.

Kendati menjadi teman aktivitas sehari-hari, di balik kecanggihannya handphone terdapat radiasi yang dapat membahayakan kesehatan Anda. Dilansir dari laman Times of India, Jumat (29/1), radiasinya bahkan bisa menyebabkan isi kepala jadi berkabut.

“Kami telah melihat sakit kepala, gangguan tidur, gangguan memori, otak berkabut, mudah tersinggung, impulsif, sakit tangan dan leher, penurunan penglihatan sebagai akibat dari penggunaan ponsel yang berlebihan,” jelas Dr. Manjari Tripathi dari Departemen Neurologi, AIIMS.

Untuk mengetahui bagaimana sebenarnya radiasi seluler berdampak pada tubuh manusia, AIIMS dan Environics melakukan uji klinis dengan menyelidiki pengaruhnya terhadap aktivitas otak.

Sebagian dari penelitian, para partisipan terpapar radiasi elektromagnetik ponsel, dan perubahan frekuensi pola gelombang otak diamati. Relawan yang diuji ini merupakan sehat tanpa riwayat gangguan neurologis.

Sebuah peneliti, Ajay Poddar, MD, Syenergy Environics mengatakan, studinya dengan AIIMS memilih untuk mengevaluasi EEG (electroencephalogram) yang memonitor aktivitas listrik di otak.

Pada dasarnya ada empat gelombang yang keluar dari otak kita. Ada gelombang alfa, beta, theta, dan delta yang dihasilkan dari otak kita dan mewakili aktivitas otak yang berbeda.

“Kami membuat orang berbicara di telepon selama 5 menit tanpa EnviroChip dan kemudian dengan EnviroChip. Kami memberi mereka istirahat dan memeriksa aktivitas otak mereka,” tuturnya.

Secara umum, ada dua efek berbahaya dari radiasi seluler. Salah satunya adalah efek panas. Berbicara di telepon yang menempel di telinga Anda selama satu jam memberi rasa panas.

Oleh karenanya para peneliti mengingatkan, agar lebih berhati-hati saat memakai ponsel. Sebab beberapa perangkat di dalam ponsel, terdapat peringatan batas waktu pemakaiannya.

(toi/heq)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi--Berkendara sepeda motor. Foto/Honda

KESEHATAN

Wah, Ada 4 Manfaat Berkendara Sepeda Motor Bagi Kesehatan
Ilustrasi vitamin. Foto/Ist

KESEHATAN

5 Saran Kesehatan yang Tak Perlu Diikuti
Ilustrasi olahraga. Ist

KESEHATAN

Begini Cara Tingkatkan Daya Tahan Tubuh
Sejumlah model memperagakan prosesi pernikahan gaya Surakarta saat simulasi resepsi pernikahan di era Adaptasi Kebiasaan Baru. Foto/Antara

KESEHATAN

Tips Aman Gelar Pernikahan di Gedung Kala Pandemi
ILustrasi istirahat jam makan siang. Foto/Istimewa

KESEHATAN

Kebiasaan Lewatkan Istirahat Siang Berbahaya Bagi Kesehatan
Ilustrasi bawang putih. Foto/Istimewa

KESEHATAN

Jahe & Bawang Putih Bisa Kurangi Risiko Kanker
Ilustrasi bawang merah. Foto/Istimewa

KESEHATAN

3 Bahan Alami Atasi Iritasi Kulit Akibat Banjir
Ilustrasi--Jalan kaki. Foto/Hello Sehat

KESEHATAN

4 Efek Buruk Bila Malas Berjalan Kaki