Home / NASIONAL

Kamis, 21 Januari 2021 - 20:06 WIB

WNA Dilarang Masuk RI hingga 8 Februari

Calon penumpang berjalan untuk lapor diri sebelum naik pesawat di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (23/12/2020). Foto/Antara

Calon penumpang berjalan untuk lapor diri sebelum naik pesawat di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (23/12/2020). Foto/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – Pemerintah memperpanjang larangan warga negara asing (WNA) masuk ke Indonesia bersamaan dengan perpanjangan Pembatasan Pemberlakuan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali.

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Airlangga Hartarto mengatakan WNA dilarang masuk ke Indonesia selama dua pekan hingga 8 Februari 2021.

“Diputuskan untuk diperpanjang selama 2 minggu sehingga terus akan dilanjutkan selama 26 Januari sampai 8 Februari. Ini termasuk juga untuk pembatasan WNA ke Indonesia,” kata Airlangga dalam jumpa pers daring, Kamis (21/1).

Airlangga mengatakan keputusan tersebut telah dibahas dalam rapat terbatas. Pada rapat itu, Presiden Jokowi menyetujui perpanjangan PPKM Jawa-Bali.

Politikus Golkar itu menjelaskan pembatasan diperpanjang karena tren penambahan kasus di Indonesia belum melandai. Hanya 2 dari 7 provinsi yang berhasil menurunkan kurva pertambahan kasus Covid-19.

“(Penurunan jumlah kasus) hanya di Provinsi Banten dan Yogyakarta,” ujar Airlangga.

PPKM Jawa-Bali kembali dilaksanakan pada 26 Januari-8 Februari. Setidaknya ada 77 kabupaten/kota di Jawa dan Bali yang akan kembali menerapkan pembatasan tersebut.

Daerah-daerah itu akan melakukan pembatasan waktu operasional pusat perbelanjaan maksimal pukul 20.00, 75 persen karyawan perkantoran bekerja di rumah, kegiatan belajar-mengajar dilakukan di rumah, dan pembatasan kapasitas rumah ibadah.

Kasus positif virus corona (Covid-19) di Indonesia bertambah 11.703 orang, per Kamis (21/1). Tambahan tersebut membuat total kasus positif covid sejak awal pandemi mencapai 951.651 orang.

Sementara angka sembuh dari Covid-19 bertambah 9.087 orang sehingga total menjadi 772.790. Angka kasus kematian terkait Covid-19 bertambah 346 dengan total 27.203.

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (kanan) menyaksikan Satuan Penanggulangan Teroris (Satgultor) TNI di Jakarta, hari ini. Foto/MI

NASIONAL

Panglima TNI Kirim Pasukan Khusus Buru Pelaku Teror Sigi
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar. Foto/Detik

EKONOMI

Mendes PTT Klaim UU Cipta Kerja Untungkan Desa
Petugas menyemprot cairan disinfektan di ruangan kelas SMK Kosgoro, Bogor. Foto/Antara

NASIONAL

Sekolah Tatap Muka Juli Minta Dievaluasi Karena Mutasi Corona
PT Transjakarta melipatgandakan frekuensi pencucian armada bus dengan menggunakan desinfektan dan menyediakan cairan pembersih tangan. Foto/MI/Pius Erlangga

NASIONAL

Imbas Demo Buruh dan Massa Rizieq Shihab, Transjakarta Ubah Rute
Siluet penumpang berjalan di koridor bandara. Foto/Antara

NASIONAL

Pemerintah Hapus Jatah Cuti Bersama Idul Fitri Akhir Tahun

NASIONAL

Sekolah Jadi Klaster Covid-19, DPR Minta Siswa Tetap Belajar di Rumah
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus. Foto/Ist

NASIONAL

Kasus Video Porno, Polisi Sebut Ada Peluang Panggil Gisel
Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI, MH Said Abdullah.

EKONOMI

Kebijakan Fiskal Ekspansi-Konsolidatif RAPBN 2021 Untuk Bangkitkan Ekonomi